Darma, Darma (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) di Kelas V SDN 13 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_DARMA_58362_389_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_DARMA_58362_389_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_DARMA_58362_389_2013.pdf
Download (374kB)
Abstract
Berdasarkan refleksi peneliti di SD Negeri 13 Sungai Aur Kecamatan Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat, peneliti sebagai guru kelas V masih mengajarkan PKn secara konvensional, sehingga dalam proses pembelajaran siswa hanya pasif mendengarkan apa yang disampaikan dan belum mampu untuk manyampaikan ide-ide yang ada pada pikirannya dalam bentuk pertanyaan. Untuk itu peneliti tertarik untuk memperbaiki proses pembelajaran PKn melalui pelaksanaan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn dengan menggunakan pendekatan kooperatif tipe STAD di kelas V SD Negeri 13 Sungai Aur
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang terdiri atas dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 13 Sungai aur. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes dan analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif.
Hasil belajar PKn dengan menggunakan pendekatan kooperatif tipe STAD mengalami peningkatan yaitu dilihat dari perencanaan, pelaksanaan (aktivitas guru dan siswa) dan hasil belajar. Pada perencanaan mengalami peningkatan dari siklus I yaitu 76,75% (cukup) menjadi 96,4% (sangat baik) pada siklus II. Pada pelaksanaan pembelajaran aspek guru pada siklus I yaitu dari 74,95% (cukup) menjadi 91,7 (sangat baik) pada siklus II. Kemudian Pada aspek siswa siklus I yaitu dari 73,6% (cukup) menjadi 94,4% (sangat baik) pada siklus II. Kemudian untuk penilaian hasil belajar dapat dilihat pada rekapitulasi hasil belajar siswa siklus II lebih tinggi jika dibandingkan dengan siklus I yaitu 71,8% (cukup) dan pada siklus II yaitu 85,45% (baik) terlihat peningkatan sekitar 13,65%. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri 13 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kooperatif STAD, hasil belajar, pembelajaran PKn |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Gilang Maulana Rasyid |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 09:34 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 09:34 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18503 |