Latifah, Latifah (2020) Struktur dan Kebahasaan Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 15 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_LATIFAH_16016075_4175_2021.pdf [thumbnail of B1_01_LATIFAH_16016075_4175_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_LATIFAH_16016075_4175_2021.pdf
Download (4MB)
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini mendeskripsikan dua hal berikut. Pertama,
mendeskripsikan struktur teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 15 Padang.
Kedua, mendeskripsikan kebahasaan teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri
15 Padang.
Jenis penelitian ini kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian ini
adalah data berupa struktur dan kebahasaan teks prosedur siswa. Sumber data
penelitian ini adalah teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 15 Padang. Data
dalam penelitian ini dikumpulkan melalui studi dokumentasi hasil tugas siswa
yang berjumlah 30 teks. Teknik pengabsahan data dalam penelitian ini adalah
teknik triangulasi (cross-chek). Data dianalisis dengan cara mendeskripsikan,
menganalisis, dan membahas data berdasarkan teori.
Hasil penelitian ini ada dua. Pertama, struktur teks prosedur. Struktur teks
terdiri dari judul, tujuan, bahan dan alat, langkah-langkah, dan penutup. Dari 30
data penelitian semua teks prosedur memiliki judul. Selanjutnya, tujuan. Tujuan
yang ditulis siswa secara umum cukup baik dalam menggunakan tujuan dalam
membuat teks prosedur. Hal tersebut terbukti dari semua teks prosedur yang telah
dianalisis ada 29 teks yang memiliki tujuan. Selanjutnya bahan dan alat, serta
langkah-langkah. semua teks prosedur karya siswa memiliki bahan dan alat, serta
langkah-langkah. Terakhir bagian penutup. Siswa cukup baik dalam menuliskan
penutup teks prosedur. Hal ini terbukti dari seluruh teks prosedur yang dianalisis
25 teks yang memiliki penutup. Kedua, dilihat dari segi kebahasaan. Kebahasaan
yang dianalisis ada tiga yaitu konjungs i, Ejaan Bahasa Indonesia (EBI), dan diksi.
Dari semua data penelitian ditemukan 273 jumlah konjungsi. Selanjutnya, Dari
semua data penelitian kesalahan ejaan yang cukup banyak terdapat dalam tulisan
teks prosedur siswa adalah kesalahan penggunaan huruf kapital, tanda baca titik
(.), dan tanda baca koma (,). Dari 30 data penelitian ditemukan 3782 jumlah diksi.
Jadi, dapat disimpulkan struktur dalam teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri
15 Padang secara keseluruhan sudah cukup baik, dan dari kebahasahaan yang
digunakan siswa kelas VII SMP Negeri 15 Padang cenderung menggunakan
konjungsi, EBI, dan diksi yang cukup tepat dalam pembuatan teks prosedur.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Aditya Shawfani S.Pd |
Date Deposited: | 17 Feb 2025 01:35 |
Last Modified: | 17 Feb 2025 01:35 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/1850 |