Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Bilangan Bulat dengan Medel Belajar Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization di Kelas IV SD Negeri 18 Air Tawar Selatan Kota Padang

Sari, Sisnita (2014) Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Bilangan Bulat dengan Medel Belajar Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization di Kelas IV SD Negeri 18 Air Tawar Selatan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_SISNITA_SARI_15661_4118_2014.pdf] Text
final_B1_6_SISNITA_SARI_15661_4118_2014.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar penjumlahan bilangan bulat di kelas IV SD Negeri 18 Air Tawar Selatan Kota Padang. Hal ini disebabkan dalam pembelajaran guru belum sepenuhnya melibatkan siswa, siswa tidak diberi kesempatan untuk mempelajari materi secara individu terlebih dahulu, sehingga siswa tidak mendapatkan kesempatan untuk menemukan sendiri konsep penjumlahan bilangan bulat. Selain itu guru juga jarang memberikan penghargaan kepada siswa atau kelompok belajar siswa, sehingga siswa tidak termotifasi untuk dapat belajar secara mandiri dan menemukan sendiri. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar penjumlahan bilangan bulat dengan model belajar kooperatif tipe Team Assisted Individualization di kelas IV SD Negeri 18 Air Tawar Selatan Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian siswa kelas IV dengan jumlah siswa 24 orang. Penelitian ini dilaksanakan II siklus. Siklus I dilaksanakan tiga kali pertemuan dengan evaluasi dan siklus II dilaksanakan dua kali pertemuan dengan evaluasi. Penelitian ini terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan yang disertai observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II, perencanaan pembelajaran memperoleh persentase 85,71% menjadi 92,86%. Aktivitas guru dan siswa memperoleh persentase 75% menjadi 93,75% dan hasil belajar siswa pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotor memperoleh skor rata-rata 71, 70,14, dan 70,74 mengalami peningkatan menjadi 90, 88,54, dan 89,58. Dengan demikian dapat disimpulkan penelitian tindakan kelas dengan belajar kooperatif tipe Team Assisted Individualization dapat meningkatkan hasil belajar penjumlahan bilangan bulat di kelas IV SD Negeri 18 Air Tawar Selatan Kota Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Bilangan Bulat, Medel Belajar Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 29 Jul 2025 09:32
Last Modified: 29 Jul 2025 09:32
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18495

Actions (login required)

View Item
View Item