Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) TerhadapHasil Belajar siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kelas X di MAN 2 Padang

Jumaisarki, Wendra (2013) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) TerhadapHasil Belajar siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kelas X di MAN 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_WENDRA_ JUMAISARKI_97897_6260_2013.pdf] Text
B1_05_WENDRA_ JUMAISARKI_97897_6260_2013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pemilihan metode mengajar yang sebelumnya diterapkan pada pembelajaran TIK dikelas X masih kurang tepat. Ini dapat dilihat dari rendahnya hasil belajar siswa dengan persentase dibawah KKM adalah 64 %. Sebagian besar pembelajaran hanya dikuasai oleh guru, sehingga siswa hanya berperan pasif dalam pembelajaran. Pasifnya peran siswa dalam pembelajaran dapat dilihat dari sangat kurangnya aktifitas yang dilakukan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran sehingga menjadikan siswa cepat bosan dan jenuh. Siswa menjadi cenderung melakukan hal-hal lain diluar pembelajaran yang sifatnya negatif. Untuk itu diterapkan model pembelajaran kooperatif yang dapat memaksimalkan peran aktif siswa dalam pembelajaran sehingga tercipta pembelajaran dimana siswa memiliki peran aktif didalamnya. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang belajar di kelas eksperimen dengan menggunakan metode pembelajaran STAD kelas X pada mata pelajaran TIK. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat peningkatan hasil belajar TIK siswa yang belajar di kelas eksperimen dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan model rancangan one-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 2 Padang. Sampel penelitian adalah satu kelas eskperimen, yaitu siswa kelas X.7 dengan 39 siswa. Instrument penelitian ini adalah tes hasil belajar berupa tes objektif. Berdasarkan hasil observasi, secara umum terjadi peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Berdasarkan analisis data dengan taraf α = 0.05, diperoleh rata-rata hasil tes akhir dikelas eksperimen dimana post-test adalah 81,23 dan pretest adalah 66,15. Karena thitung > ttabel berarti hipotesis diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar TIK siswa yang belajar di kelas eksperimen dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model STAD; Pembelajaran Kooperatif; Hasil Belajar; Teknologi Informasi dan Komunikasi; TIK; MAN 2 Padang
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1
Depositing User: Thoriq Abdillah
Date Deposited: 29 Jul 2025 09:32
Last Modified: 29 Jul 2025 09:32
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18493

Actions (login required)

View Item
View Item