Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Teknik Brainstorming di Kelas IV SD 18 Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman

Daranis, Daranis (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Teknik Brainstorming di Kelas IV SD 18 Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_DARANIS_95358_1324_2013.pdf] Text
final_B1_6_DARANIS_95358_1324_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam pembelajaran IPS, guru hanya berceramah sedangkan siswa pasif. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menjelaskan proses peningkatan hasil belajar siswa dengan mengggunakan teknik brainstorming. Penelitian ini dilakukan dua siklus, 4 x pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD yang berjumlah 23 orang. Setiap siklus dalam penelitian ini dilakukan melalui beberapa tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Pelaksaaan pembelajaran dilakukan dengan langkah kerja, menyajikan dan menyimpulkan. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan teknik brainstorming, dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Penilaian dari rencana pembelajaran pada siklus I pertemuan 1 adalah 89%, pada siklus I pertemuan 2 meningkat menjadi 96%. Siklus II pertemuan 1 meningkat lagi menjadi 100% dan pada siklus II pertemuan 2 dapat dipertahankan dengan nilai tetap 100%. Hasil pengamatan aktivitas guru pada siklus I pertemuan 1 adalah 79% meningkat menjadi 83 % pada siklus I pertemuan 2. Pada siklus II pertemuan 1 meningkat menjadi 87 % dan pada siklus II pertemuan 2 menjadi 96 %. Tingkat ketuntasan hasil belajar siklus 1 pertemuan 1 adalah 59,8 %. Siklus I pertemuan 2 meningkat menjadi 76,52 %. Siklus II pertemuan 1 meningkat menjadi 78,20 % dan siklus II pertemuan 2 meningkat menjadi 81,21 %.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: brainstorming, hasil belajar, pembelajaran IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Gilang Maulana Rasyid
Date Deposited: 29 Jul 2025 09:31
Last Modified: 29 Jul 2025 09:31
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18490

Actions (login required)

View Item
View Item