Putri, Indri Lidiya (2019) Kontribusi Kreativitas dan Lingkungan Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Dasar Perancangan Teknik Mesin pada Kelas X Teknik Pemesinan di SMK Negeri 2 Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_INDRI_LIDIYA_PUTRI_15067062_2216_2019.pdf [thumbnail of final_B1_7_INDRI_LIDIYA_PUTRI_15067062_2216_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_INDRI_LIDIYA_PUTRI_15067062_2216_2019.pdf
Download (1MB)
Abstract
Proses pembelajaran di SMK Negeri 2 Solok terlihat bahwa masih banyak siswa yang pasif, kurang aktif dalam berkomunikasi dengan guru, sering keluar masuk kelas, tidak konsentrasi dalam belajar dan lebih suka menyalin pekerjaan teman. Tujuan dari penelitian ini untuk mengungkapkan : 1) hubungan antara kreativitas siswa dengan hasil belajar, 2) lingkungan belajar siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Dasar Perancangan Teknik Mesin di SMK Negeri 2 Solok, 3) kreativitas dan lingkungan belajar siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Dasar Perancangan Teknik Mesin di SMK Negeri 2 Solok.
Metode penelitian ini adalah korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif untuk melihat ada tidaknya hubungan kreativitas siswa dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar. Populasi penelitian adalah siswa kelas X Teknik Pemesinan di SMK Negeri 2 Solok. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 50 orang. Pengumpulan data menggunakan angket untuk variabel kreativitas dan variabel lingkungan belajar serta untuk variabel hasil belajar menggunakan soal tes objektif.
Teknik analisis data yang digunakan korelasi product moment, regresi linier dan regresi ganda dengan bantuan program SPSS versi 24.0. Hasil penelitian adalah 1) Adanya hubungan kreativitas siswa dengan hasil belajar yang signifikan, 2) Adanya hubungan lingkungan belajar dengan hasil belajar yang signifikan, 3) Adanya hubungan kreativitas sisa dan lingkungan belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar yang signifikan. Ini berarti : 1) semakin tinggi kreativitas siswa semakin tinggi hasil belajar siswa mata pelajaran Dasar Perancangan Teknik Mesin, 2) semakin kondusif lingkungan belajar semakin tinggi hasil belajar, 3) semakin tinggi kreativitas dan kondusifnya lingkungan belajar semakin tinggi hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kontribusi Kreativitas, Lingkungan Belajar, Hasil Belajar, Dasar Perancangan Teknik Mesin |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin-S1 |
Depositing User: | Riska Monita Yanti |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 09:29 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 09:29 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18488 |