Peningkatan Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Pendekatan Saintific Tema 3 Kelas II SDN 42 Kubang Kabupaten Pesisir Selatan.

Fiani, Mustika (2020) Peningkatan Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Pendekatan Saintific Tema 3 Kelas II SDN 42 Kubang Kabupaten Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_MUSTIKA_FIANI_16129194_3888_2020.pdf] Text
final_B1_6_MUSTIKA_FIANI_16129194_3888_2020.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan pendekatan saintific oleh guru belum maksimal , kondisi ini terlihat guru belum optimal melibatkan siswa pada tahapan mencoba dan menalar. Sehingga siswa kurang rasa ingin tahunya . Hal ini disebabkan karena guru kurang menggunakan pendekatan pembelajaran dan hanya bersumber sebatas buku guru saja, serta. Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Pelaksanaan Pembelajaran Tematik terpadu Menggunakan Pendekatan Saintific Tema 3 kelas II SDN 42 Kubang Kabupaten Pesisir Selatan. Pendekatan penelitian yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan Jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini meliputi (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus, dilakukan dengan kerja sama dengan guru kelas. Subjek penelitian adalah guru , peneliti (praktisi), dan peserta didik kelas II SDN 42 Kubang yang berjumlah 18 peserta didik. Jumlah siswa laki-laki sebanyak 10 orang , dan siswa perempuan 10 orang. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar tematik terpadu pada tema 3. a) RPP siklus I adalah 79,16% dengan kualifikasi cukup (C), dan pada siklus II meningkat menjadi 94,44% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Pengamatan aspek guru siklus I diperoleh rata-rata 91,06% dengan kualifikasi Sangat Baik (SB), dan pada siklus II meningkat menjadi 100% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Pengamatan aspek peserta didik siklus I diperoleh rata-rata 87,49% dengan kualifikasi Sangat Baik (SB), dan pada siklus II meningkat menjadi 90,42% dengan kualifikasi Sangat Baik (SB). Dari hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 78,52 dengan kualifikasi cukup (C), dan pada siklus II meningkat menjadi 92,09 % dengan kualifikasi sangat baik (SB). Dengan demikian, Pendekatan Saintific dapat menigkatkan hasil belajar peserta didik kelas II SDN 42 Kubang Kabupaten Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tematik Terpadu , Pendekatan Saintific
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Shahudul Farid
Date Deposited: 29 Jul 2025 09:29
Last Modified: 29 Jul 2025 09:29
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18487

Actions (login required)

View Item
View Item