Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi dengan Menggunakan Metode Picture and Picture di Kelas IV SDN 07 Belakang Balok Kota Bukittinggi.

Yulianti, Siska (2013) Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi dengan Menggunakan Metode Picture and Picture di Kelas IV SDN 07 Belakang Balok Kota Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_SISKA_YULIANTI_07507_2401_2013.pdf] Text
final_B1_6_SISKA_YULIANTI_07507_2401_2013.pdf

Download (482kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran menulis karangan. Rendahnya nilai siswa disebabkan karena metode yang digunakan guru dalam pembelajaran belum tepat. Salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan menggunakan metode picture and picture. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan metode picture and picture di kelas IV SDN 07 Belakang Balok Kota Bukittinggi. Subjek Penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN 07 Belakang Balok yang berjumlah 39 orang, terdiri atas 16 orang laki-laki dan 23 orang perempuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan penelitian dilakukan dalam tiga tahap, yaitu tahap prapenulisan, tahap penulisan dan tahap pasca penulisan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode picture and picture dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan pada tahap prapenulisan, tahap penulisan, dan tahap pasca penulisan. Hasil penilaian proses pengamatan guru pada siklus I memperoleh kualifikasi cukup dengan tingkat keberhasilan 71 %, pengamatan proses kegiatan siswa memperoleh kualifikasi kurang dengan tingkat keberhasilan 65 %, sedangkan rata-rata nilai karangan siswa pada siklus I adalah 7.1. Hasil penilaian proses kegiatan guru siklus II tingkat keberhasilan 93 % sedangkan kegiatan siswa 90 % dengan kualifikasi sangat baik. Nilai rata-rata karangan siswa pada siklus II adalah 8.3. Dengan nilai yang diperoleh pada siklus II terbukti bahwa penggunaan metode picture and picture dapat meningkatkan nilai karangan siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi, Metode Picture and Picture
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 29 Jul 2025 09:31
Last Modified: 29 Jul 2025 09:31
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18484

Actions (login required)

View Item
View Item