Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Dengan Model Numbered Head Together (NHT) di Kelas V SDN 13 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman.

Wulandari, Siska (2015) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Dengan Model Numbered Head Together (NHT) di Kelas V SDN 13 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_SISKA_WULANDARI_57186_2361_2015.pdf] Text
final_B1_6_SISKA_WULANDARI_57186_2361_2015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn di kelas V SDN 13 Sungai Limau. Hal ini disebabkan pembelajaran Pkn masih bersifat konvensional, guru kurang mengoptimalkan pemahaman materi pembelajaran kepada siswa sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa, pembelajaran PKn hanya ditekankan pada konsep pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn dengan model Numbered Heads Together di kelas V SDN 13 Sungai limau kecamatan Sungai limau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan pada semester II tahun pelajaran 2013/2014 di SD Negeri 13 Sungai Limau Pelaksanaan terdiri dari dua siklus. Siklus I terdiri dari dua kali pertemuan, siklus II terdiri dari satu kali pertemuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, data penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pelaksanaan pembelajaran dengan model Numbered Heads Together memiliki empat langkah- langkah pembelajaran yaitu : (1) penomoran, (2) mengajukan pertanyaan, (3) berfikir bersama, (4) pemberian jawaban. Instrumen penelitian adalah lembar observasi dan lembar tes. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 13 Sungai limau. Hasil Penelitian perencanaan pembelajaran pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 82,14% dengan kriteria (B) dan 96,42% dengan kriteria (SB) pada siklus II. Hasil pengamatan pada aspek guru siklus I diperoleh rata-rata 79,16% dengan kriteria (B) dan meningkat menjadi 95,83% dengan kriteria (SB) pada siklus II, Hasil pengamatan pada aktivitas siswa siklus I diperoleh rata-rata 79,16% dengan kriteria (C) dan 95,83% dengan kriteria (SB) pada siklus II. dan hasil belajar pada siklus I diperoleh rata-rata 70,20 dengan kriteria (C) dan meningkat menjadi 91,75 dengan kriteria (SB) pada siklus II. Dari hasil penelitian ini dapat di ambil kesimpulan dengan model Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Dengan Model Numbered Head Together (NHT) Di Kelas V SDN 13 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Numbered Head Together (NHT)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 29 Jul 2025 09:29
Last Modified: 30 Jul 2025 01:21
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18475

Actions (login required)

View Item
View Item