Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Dengan Menggunakan Metode Inkuiri di Kelas IV SD Negeri 03 Pakan Labuah Kota Bukittinggi

Widia, Siska (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Dengan Menggunakan Metode Inkuiri di Kelas IV SD Negeri 03 Pakan Labuah Kota Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_SISKA_WIDIA_09362_2422_2012.pdf] Text
final_B1_6_SISKA_WIDIA_09362_2422_2012.pdf

Download (723kB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan diperoleh informasi bahwa hasil pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 03 Pakan Labuah kurang memuaskan, karena banyak siswa yang belum menguasai kompetensi yang seharusnya dimiliki. Penyebabnya, guru menjadikan siswa sebagai objek belajar dan jarang menciptakan model pembelajaran yang bermakna. Melihat kondisi tersebut, dilakukanlah penelitian pembelajaran IPA dengan menggunakan metode inkuiri. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan rancangan, pelaksanaan, dan peningkatan hasil pembelajaran IPA dengan metode inkuiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Pelaksanaan pembelajaran IPA dengan metode inkuiri ini dilaksanakan dalam 6 langkah, yaitu : 1) Orientasi, 2) Merumuskan masalah, 3) Merumuskan hipotesis, 4) Mengumpulkan data, 5) Menguji hipotesis, 6) Merumuskan kesimpulan. Penilaian RPP siklus I Pertemuan I 75%, observasi kegiatan guru 80,9%, kegiatan siswa 76,7% sedangkan hasil pembelajaran dari aspek kognitif diperoleh rata-rata 68,3, afektif 68,1%, dan psikomotor 64,7%. Siklus I pertemuan II, penilaian RPP 82,1%, kegiatan guru 85,3%, kegiatan siswa 80% sedangkan aspek kognitif diperoleh rata-rata 78, afektif 79,4%, dan psikomotor 79,7%. Penilaian RPP siklus II 92,9%, kegiatan guru 94,1%, kegiatan siswa 90%, dari aspek kognitif diperoleh rata-rata 89,8 afektif 82,8%, dan psikomotor 85,1%. Dengan demikian penelitian ini berhasil meningkatkan hasil pembelajaran IPA, baik dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotor.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Menggunakan Metode Inkuiri
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 29 Jul 2025 09:27
Last Modified: 29 Jul 2025 09:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18466

Actions (login required)

View Item
View Item