Peningkatan Hasil Belajar Soal Cerita Satuan Panjang dan Berat dengan Menggunakan Pendekatan Problem Posing Pada Siswa Kelas IV SDN 21 Maluih Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan

Musmalyadi, Musmalyadi (2012) Peningkatan Hasil Belajar Soal Cerita Satuan Panjang dan Berat dengan Menggunakan Pendekatan Problem Posing Pada Siswa Kelas IV SDN 21 Maluih Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_MUSMALYADI_93639_1389_2012.pdf] Text
final_B1_6_MUSMALYADI_93639_1389_2012.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 21 Maluih Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan menunjukkan bahwa pembelajaran soal ceria satuan panjang dan berat masih dilaksanakan secara konvensional dimana pembelajaran yang disampaikan oleh guru selama ini hanya mengacu pada satu buku paket. Permasalahan lainnya adalah tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang berbentuk soal cerita rendah, siswa kurang serius dalam belajar, kreatifitas siswa di kelas kurang, siswa kurang latihan soal yang berbentuk soal cerita dan hasil belajar yang diperolehnya rendah. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran soal cerita Satuan panjang dan berat tersebut diadakanlah penelitian tindakan kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana rancangan, pelaksanaan dan hasil belajar dalam pembelajaran soal cerita satuan panjang dan berat dengan menggunakan Pendekatan Problem posing Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan yang disertai pengamatan dan refleksi pada masing-masing siklus. Penelitian ini dilaksanakan pada semester I tahun ajaran 2011/2012 di SD Negeri 21 Maluih dengan subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD terteliti. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan hasil tes. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan problem posing dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran soal cerita satuan panjang dan berat di kelas IV SD Negeri 21 Maluih Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan. Hal ini terlihat dari (1) Hasil belajar siswa pada ranah kognitif terjadi peningkatan dari nilai rata-rata 68 pada siklus I menjadi 79 pada siklus II, (2) pada ranah afektif meningkat dari nilai rata-rata 67,05 pada siklus I menjadi 84,05 pada siklus II dan (3) pada ranah psikomotor meningkat dari nilai rata-rata 69,2 pada siklus I menjadi 85,25 pada siklus II. Melihat hasil penelitian ini, maka penelitian tindakan kelas dalam peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran soal cerita satuan panjang dan berat .

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pendekatan Problem Posing
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Shahudul Farid
Date Deposited: 29 Jul 2025 09:26
Last Modified: 29 Jul 2025 09:26
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18459

Actions (login required)

View Item
View Item