Rahmadani, Reza (2022) Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Seni Budaya Peserta Didik Kelas XI di SMAN 2 Solok Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_REZA_RAHMADANI_18332043_405_2023.pdf [thumbnail of final_B1_06_REZA_RAHMADANI_18332043_405_2023.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_REZA_RAHMADANI_18332043_405_2023.pdf
Download (1MB)
Abstract
Pandemi Covid-19 yang melanda dunia pada tahun 2019 sampai sekarang memberikan dampak yang sangat besar terhadap sektor kehidupan salah satunya pendidikan. Berbagai permasalah muncul akibat pandemi Covid-19 salah satunya adalah kualitas pendidikan, karena pemerintah menekan laju penyebaran Covid-19 dengan mengeluarkan kebijakan social distancing atau menjaga jarak sehingga metode pembelajaran yang digunakan pembelajaran masuk kelas secara bergantian setiap kelas yaitu 2x dalam seminggu. Masalah yang dihadapi dalam proses pembelajaran tatap muka terbatas adalah rendahnya hasil belajar peserta didik. Salah satu faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar adalah motivasi. Hasil observasi di SMAN 2 Solok Selatan menunjukkan bahwa motivasi belajar peserta didik selama pembelajaran pada mata pelajaran Seni Budaya masih tergolong kurang baik. Hal ini dilihat dari hasil wawancara dengan guru Seni Budaya dan penyebaran angket kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar Seni Budaya peserta didik kelas XI selama pembelajaran di SMAN 2 Solok Selatan.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA1 dan XI IPS 2 di SMAN 2 Solok Selatan Tahun Pelajaran 2021/2022. Sampel penelitian berjumlah 48 orang dengan teknik saturation sampling. Instrumen penelitian menggunakan angket motivasi belajar.
Hasil penelitian menunjukkan motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik termasuk kategori cukup. Adanya korelasi positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar Seni Budaya peserta didik kelas XI selama pembelajaran dengan nirai r= 0, 44 yang termasuk kategori cukup; koefisien nilai thitung yaitu 3,323 lebih besar dari pada koefisien ttabel yaitu 1, 67866. sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar Seni Budaya peserta didik kelas XI selama pembelajaran daring di SMAN 2 Solok Selatan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Pembelajaran Seni Budaya. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Tari-S1 |
Depositing User: | Sherin Febrianti |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 09:26 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 09:26 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18458 |