Peningkatan Keterampilan Membaca Intensif melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Pada Siswa Kelas III SDN 18 Perumnas Air Tawar Selatan Kota Padang

Siska, Wahyuni (2014) Peningkatan Keterampilan Membaca Intensif melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Pada Siswa Kelas III SDN 18 Perumnas Air Tawar Selatan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_SISKA_WAHYUNI_11945_1590_2014.pdf] Text
final_B1_6_SISKA_WAHYUNI_11945_1590_2014.pdf

Download (513kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya keterampilan membaca intensif siswa. Siswa masih sulit memahami dan kurang fokus terhadap isi bacaan. Siswa mampu membaca tetapi tidak mampu memaknai isi bacaan yang dibaca, sehingga ketika diminta untuk menjelaskan isi bacaan mereka tidak mampu melakukannya. Penyebabnya adalah guru belum optimal membimbing siswa dalam proses pembelajaran membaca intensif dan guru juga belum menggunakan tahap-tahap yang sesuai dalam proses pembelajaran membaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca intensif melalui pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada tahap prabaca, tahap saat baca, dan tahap pascabaca. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus pembelajaran dimana peneliti dalam penelitian ini menjadi pengajar dan guru kelas menjadi observer. Subjek penelitian adalah peneliti sebagai guru dan siswa kelas III SDN 18 Perumnas Air Tawar Selatan Kota Padang, berjumlah 26 orang siswa yang terdiri dari 11 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Data yang dikumpulkan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang meliputi tahap prabaca, tahap saat baca, dan tahap pascabaca. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, pelaksanaan tindakan yang dilakukan telah mengatasi masalah secara tuntas dengan melampaui batas KKM 75. Hasil yang dicapai dari 26 orang siswa selama siklus II setelah dilakukan perbaikan, masing-masingnya adalah pada tahap prabaca dengan rata-rata kelas 91,34%, pada tahap saat baca 92,78%, dan tahap pascabaca 86,92% termasuk kategori sangat baik, sedangkan pembelajaran pada siklus I masing-masingnya hanya mencapai tahap prabaca dengan rata-rata kelas 54,8%, pada tahap saat baca 50,96%, dan tahap pascabaca 57,69% termasuk kategori kurang. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam membaca intensif.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Membaca Intensif, Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 29 Jul 2025 09:26
Last Modified: 29 Jul 2025 09:26
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18456

Actions (login required)

View Item
View Item