Peningkatan Kemampuan Berbicara dengan Menggunakan Pendekatan Construktivisme Bagi Siswa Kelas VI SD Negeri 40 Korong Gadang Kecamatan Kuranji.

Murniati, Murniati (2012) Peningkatan Kemampuan Berbicara dengan Menggunakan Pendekatan Construktivisme Bagi Siswa Kelas VI SD Negeri 40 Korong Gadang Kecamatan Kuranji. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_MURNIATI_90463_6730_2012.pdf] Text
final_B1_6_MURNIATI_90463_6730_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan refleksi awal yang dilaksanakan di kelas VI SDN 40 Korong Gadang Kecamatan Kuranji menunjukan bahwa pembelajaran berbicara masih dilaksanakan secara konvensional dimana guru masih menggunakan metode ceramah sehingga siswa banyak diam serta penilaian pembelajaran hanya pada ranah kognitif. Hal ini menyebabkan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran dan hasil belajar yang diperolehnya rendah. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa tersebut pada pembelajaran berbicara diadakanlah penelitian tindakan kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berbicara dengan menggunakan pendekatan construktivisme . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dalam pelaksanaannya penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan disertai pengamatan dan refleksi pada masing-masing siklus. Penelitian ini dilaksanakan pada semester I tahun ajaran 2011/ 2012 di SDN 40 Korong Gadang Kecamatan Kuranji Kota Padang dengan subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VI SD terteliti. Data penelitian ini diperoleh melaui observasi, wawancara, dokumentasi dan hasil tes. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan construktivisme dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran berbicara di kelas VI SDN 40 Korong Gadang Kecamatan Kuranji Kota Padang terlihat terlihat dari siklus I rata-rata persentase dari masing-masing aspek yaitu keberanian = 20,45%, kelancaran = 20,75%, logis = 19,65%, dan sistematis = 18,6%. Sedangkan pada siklus II terjadinya peningkatan rata-rata persentase dari masing-masing aspek, yaitu: keberanian = 21,85%, kelancaran = 21,95%, logis = 21,65% dan sistematis = 20,55%. Untuk persentase keberhasilan siswa menjadi meningkat mulai dari siklus I sampai pada siklus II. Pada siklus I didapatkan hasil 80,1 dan pada siklus II didapatkan hasil 86.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berbicara, Pendekatan Konstruktivisme, Pembelajaran Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Shahudul Farid
Date Deposited: 29 Jul 2025 09:25
Last Modified: 29 Jul 2025 09:26
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18455

Actions (login required)

View Item
View Item