Peningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Metode Demonstrasi di Kelas V SDN 01 Limau Manis Kecamatan Pauh Kota Padang

Arif, Murni (2016) Peningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Metode Demonstrasi di Kelas V SDN 01 Limau Manis Kecamatan Pauh Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_MURNI_ARIF_56714_3460_2016.pdf] Text
final_B1_6_MURNI_ARIF_56714_3460_2016.pdf

Download (685kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran PKn yang selama ini berpusat kepada guru menyebabkan siswa kurang aktif sehingga hasil belajar siswa pada pelajaran PKn rendah serta penilaian pembelajaran hanya pada ranah kognitif. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn tersebut diadakanlah penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran PKn di kelas V SDN 01 Limau Manis, Kota Padang. Metode demonstrasi dapat memotivasi siswa untuk berkreatifitas dan terlibat secara aktif dalam pembelajaran. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2013/2014 di SD Negeri 01 Limau Manis dengan subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V dengan jumlah 36 orang. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Hasil pengamatan RPP pada siklus I adalah 75,01 % (C) meningkat menjadi 85 % (B) pada siklus II. Hasil pengamatan aspek guru pada siklus I adalah 69,64 (C) meningkat menjadi 89,28 % (SB) pada siklus II. Hasil pengamatan pada aspek siswa siklus I adalah 67,9 % (C) meningkat menjadi 85,71 % (SB) pada siklus II. Persentase hasil belajar siswa dari aspek kognitif siklus I adalah 82,63 % (B) meningkat menjadi 91,9 % (SB) pada siklus II. Aspek afektif meningkat dari 66,28 % (C) pada siklus I menjadi 77,4 % (B) pada siklus II. Aspek spikomotor meningkat dari 65,1 % (C) pada siklus I menjadi 76,33% (B) pada siklus II. Dapat disimpulkan dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN 01 Limau Manis, Kota Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pembelajaran PKn (Pendidikan Kewarganegaraan), Metode Demonstrasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Shahudul Farid
Date Deposited: 29 Jul 2025 09:23
Last Modified: 29 Jul 2025 09:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18446

Actions (login required)

View Item
View Item