Pengaruh Metode HATAM Terhadap Kemampuan Menghafal Ayat-ayat Al-Qur’an Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak Assyofa Padang

Melisa, Melisa (2017) Pengaruh Metode HATAM Terhadap Kemampuan Menghafal Ayat-ayat Al-Qur’an Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak Assyofa Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_07_MELISA_1300686_4811_2017.pdf] Text
final_B1_07_MELISA_1300686_4811_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan metode HATAM terhadap kemampuan menghafal ayat-ayat AlQur‟an anak di Taman Kanak-kanak Assyofa Padang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperiment. Populasi penelitian adalah Taman Kanak-kanak Assyofa Padang, yang berjumlah 40 orang anak terbagi dalam 3 kelompok belajar dengan kelompok B1 sebagai kelas eksperimen dan kelompok B2 sebagai kelas kontrol, masing-masingnya berjumlah 10 orang anak.. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster sampling, Teknik pengumpulan data digunakan tes lisan. Berdasarkan analisis data, diperoleh ratarata hasil tes kelas eksperimen adalah 86,63 sedangkan pada kelas kontrol adalah 76,88. Pada pengujian hipotesis diperoleh thitung sebesar 2,7259 dan ttabel sebesar 2,10092 pada taraf nyata α = 0,05 (5%) dan dk = 18. Maka dapat disimpulkan penggunaan metode HATAM terhadap kemampuan menghafal ayat-ayat AlQur‟an sangat berpengaruh di Taman Kanak-kanak Assyofa Padang tahun ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HATAM, Al-quran, Taman Kanak Kanak
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Zikri Ramadhan
Date Deposited: 29 Jul 2025 09:23
Last Modified: 29 Jul 2025 09:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18441

Actions (login required)

View Item
View Item