Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Model Berfikir Induktif Hilda Taba di Kelas V SDN 09 Pasar Ladang Panjang Kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman

Afriyanti, Murni (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Model Berfikir Induktif Hilda Taba di Kelas V SDN 09 Pasar Ladang Panjang Kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_MURNI_AFRIYANTI_1108237_6091_2015.pdf] Text
final_B1_6_MURNI_AFRIYANTI_1108237_6091_2015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di SDN 09 Pasar Ladang Panjang siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep – konsep IPS karena pembelajaran IPS yang berlangsung selama ini guru belum menggunakan berbagai model pembelajaran, sehingga hasil belajar siswa belum sesuai dengan yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan model Berfikir Induktif Hilda Taba di kelas V SDN 09 Pasar Ladang Panjang. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Data penelitian berupa informasi tentang proses yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil tes proses pembelajaran. Sumber data adalah proses pelaksanaan pembelajaran IPS dikelas V SDN 09 Pasar Ladang Panjang. Subjek penelitian terdiri dari peneliti dan siswa kelas V SDN 09 Pasar Ladang Panjang kabupaten Pasaman. Prosedur penelitian terdiri dari 1) perencanaan, 2) pelaksanaan , 3) pengamatan 4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: (a) Penilaian RPP siklus I dengan nilai 78% dengan kualifikasi baik, meningkat pada siklus II menjadi 88% dengan kualifikasi sangat baik, (b) Pelaksanaan pembelajaran dari aspek guru, pada siklus I dengan nilai 76% dengan kualifikasi baik, meningkat pada siklus II menjadi 87% dengan kualifikasi sangat baik. (c) sedangkan pada aspek siswa siklus I dengan nilai 74% dengan kualifikasi cukup, meningkat pada siklus II menjadi 89% dengan kualifikasi sangat baik. Dengan demikian penggunaan model Berfikir Induktif Hilda Taba dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pembelajaran IPS, Model Berpikir Induktif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Shahudul Farid
Date Deposited: 29 Jul 2025 09:22
Last Modified: 29 Jul 2025 09:22
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18438

Actions (login required)

View Item
View Item