Struktur dan Kebahasaaan Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 32 Padang

Susanti, Elsi (2021) Struktur dan Kebahasaaan Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 32 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_ELSI_SUSANTI_16016051_1392_2021.pdf] Text
B1_01_ELSI_SUSANTI_16016051_1392_2021.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dua hal berikut. Pertama,
mendeskripsikan struktur teks eksposisi siswa kelas VIII SMP 32 Padang.
Kedua, mendeskripsikan kebahasaan teks eksposisi siswa Kelas VIII SMP 32
Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan
metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 32 Padang. Data
penelitian ini adalah data kualitatif berupa struktur dan kebahasaan yang terdapat
dalam teks eksposisi yang diperoleh dari siswa kelas VIII SMP Negeri 32 Padang.
Sumber data dalam penelitian ini adalah teks eksposisi siswa kelas VIII SMP
Negeri 32 Padang yang berjumlah 20 teks. Instrumen penelitian ini adalah
peneliti sendiri. Data dianalisis dengan cara mendeskripsikan data, menganalisis
data, dan membahas data berdasarkan teori.
Hasil penelitian menunjukkan hal-hal sebagai berikut. Pertama,
ditemukan 3 struktur teks eksposisi, yaitu pernyataan pendapat (tesis),
argumentasi, dan penegasan ulang di dalam tulisan siswa kelas VIII SMP Negeri
32 Padang. Kedua, ditemukan 4 kebahasaan teks eksposisi, yaitu pronomina,
kata-kata leksikal (nomina dan verba), konjungsi, dan EBI (huruf kapital, tanda
titik, dan tanda koma) di dalam tulisan siswa kelas VIII SMP Negeri 32 Padang.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan dua hal. Kedua
hal tersebut adalah sebagai berikut. Pertama, dalam menulis teks eksposisi
siswa kelas VIII SMP Negeri 32 Padang telah menggunakan ketiga struktur
teks eksposisi. Ketiga struktur teks eksposisi tersebut, yaitu pernyataan
pendapat (tesis), argumentasi, dan penegasan ulang. Hal ini terbukti dari 20
teks eksposisi yang dianalisis , terdapat 18 teks eksposisi yang lengkap
menggunakan tesis, argumentasi, dan penegasan ulang. Adapun karakteristik
ketiga struktur tersebut, yaitu pada tesis lebih dominan mengungkapkan
pendapat atau opini dari penulis, pada argumentasi lebih dominan berisi
argumen atau alasan yang mendukung pernyataan penulis, dan penegasan ulang
lebih dominan berisi penutup dan kesimpulan. Kedua, kebahasaan teks
eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 32 Padang sudah baik, namun masih
terdapat penggunaan pronomina, konjungsi, dan penggunaan EBI yang belum
tepat. Karakteristik kebahasaan tersebut, yaitu pronomina dipakai untuk
kategori kata ganti, nomina dan verba dipakai untuk mengarah kata benda dan
kata kerja, konjungsi dipakai untuk kategori yang menghubungkan kata dengan
kata, klausa dengan klausa, kalimat dengan kalimat, dan paragraf dengan
paragraf, dan EBI difokuskan pada penggunaan huruf kapital, penggunaan
tanda titik, dan penggunaan tanda koma.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Aditya Shawfani S.Pd
Date Deposited: 17 Feb 2025 01:31
Last Modified: 17 Feb 2025 01:31
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/1843

Actions (login required)

View Item
View Item