Safitri, Meli (2017) Pengaruh Permainan Engklek Kata dan Gambar terhadap Kemampuan Membaca Anak di Taman Kanak-kanak Fadhilah Amal 3 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_07_MELI_SAFITRI_1300669_4430_2017.pdf [thumbnail of final_B1_07_MELI_SAFITRI_1300669_4430_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_07_MELI_SAFITRI_1300669_4430_2017.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di Taman Kanak-kanak Fadhilah Amal 3 Padang dalam proses pembelajaran masih kurang bervariasi dalam memilih permainan dan kurang sesuai dengan pembelajaran student center. Padahal banyak permainan-permainan yang dapat dilakukan untuk mengembangkan kemampuan membaca anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif yang berbentuk Quasy Experiment. Populasi penelitian adalah anak Taman Kanak-kanak Fadhilah Amal 3 Padang terbagi dalam 3 kelompok belajar dan teknik pengambilan sampelnya Cluster Sampling, yaitu kelompok B3 berjumlah 13 orang dan kelompok B2 berjumlah 11 orang anak. Teknik pengumpulan data digunakan tes lisan, berupa pernyataan sebanyak 4 butir pernyataan dan alat pengumpul data digunakan lembaran pernyataan. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test). Berdasarkan analisis data, diperoleh rata-rata hasil tes kelompok eksperimen adalah 84,37 dan SD sebesar 14,04 sedangkan pada kelompok kontrol adalah 69,37 dan SD sebesar 12,32. Pada pengujian hipotesis diperoleh thitung sebesar 2,411 dan ttabelsebesar 2,100 pada taraf nyata α = 0,05 dan dk = 18. Maka dapat disimpulkan bahwa permainan engklek kata dan gambar berpengaruh terhadap kemampuan membaca anak di Taman Kanak-kanak Fadhilah Amal 3 Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Permainan Engklek Kata dan Gambar, Kemampuan Membaca |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Zikri Ramadhan |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 09:21 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 09:21 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18429 |