Sari, Siska Septa (2012) Peningkatkan Hasil belajar Siswa pada Pembelajaran PKN dengan Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) di Kelas IV SDN 30 Tanjung Mudik Kec. Linggo Sari Bagant i. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_SISKA_SEPTA_SARI_57074_216_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_SISKA_SEPTA_SARI_57074_216_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_SISKA_SEPTA_SARI_57074_216_2013.pdf
Download (541kB)
Abstract
Penelitan ini dilatarbelakangi dari kenyataan bahwa pembelajaran PKn belum dengan metode yang efektif sesuai dengan tujuan pembelajaran. Guru hanya bersikap sebagai pelaksana tugas dan bukan sebagai pemberi pengalaman belajar, sehingga hasil belajar siswa menjadi rendah belum mencapai standar ketuntasan yang ditetapkan. Tujuan penelit ian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn. Pendekatan yang digunakan dalam penelit ian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuant itatif. Jenis penelit iannya adalah penelit ian t indakan kelas. Subjek penelitannya adalah guru dan siswa yang berjumlah 21 orang. Penelit ian ini dilaksanakan 2 siklus dengan 3 kali pertemuan. Data penelit ian ini berupa hasil pengamatan dan hasil tes. Sumber data adalah perencanaan, pelaksanaan, dan hasil pelaksanaan pembelajaran PKn dengan penggunaan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) di SD Negeri 30 Tanjung Mudik, kec. Linggo Sari Baganti. Hasil penelit ian menunjukan perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I perencanaan yang telah dirancang oleh guru dengan persentase 66 meningkat menjadi 82 pada siklus II. Kegiatan guru pada siklus I dengan persentase 72 meningkat menjadi 78 pada siklus II. Kegiatan siswa pada siklus I dengan persentase 66 meningkat menjadi 78 pada siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan I dengan persentase 52 , pada siklus I pertemuan II meningkat menjadi 69 , dan pada siklus II pertemuan I dengan persentase 86 . Dengan demikian pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 09:21 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 09:21 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18427 |