Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Strategi Belajar PQ4R di Kelas V SDN No.21 Koto Gadang Kecamatan Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan

Murdaleni, Murdaleni (2014) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Strategi Belajar PQ4R di Kelas V SDN No.21 Koto Gadang Kecamatan Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_MURDALENI_57081_586_2015.pdf] Text
final_B1_6_MURDALENI_57081_586_2015.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berasal dari kenyataan bahwa pembelajaran sering didominasi oleh guru sebagai sumber informasi, berdasarkan pengamatan peneliti ditemukan hasil belajar siswa dalam bidang studi IPS masih dibawah KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 65. Tujuan dalam penelitian ini meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi belajar PQ4R di kelas V SDN No.21 Koto Gadang Kecamatan Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang terdiri dari dua siklus. Siklus I dilaksanakan dua kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan satu kali pertemuan dengan 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan tahap refleksi. Setiap akhir pertemuan diadakan tes akhir untuk melihat hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi belajar PQ4R. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN No. 21 Koto Gadang Kecamatan Ranah Pesisir dan guru (peneliti), penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran IPS dengan strategi belajar PQ4R dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil perencanaan siklus I pertemuan 1 dengan nilai rata-rata 63,5, pertemuan 2 meningkat dengan nilai 78, kemudian siklus II dengan nilai 79. Pelaksanaan siklus I pertemuan 1 aspek guru dengan nilai 78 dan siswa 68, pertemuan 2 aspek guru 69 dan siswa 81 dan siklus II aspek guru dengan nilai 87 dan siswa 84. Hasil belajar pada siklus I pertemuan 1 nilai kognitif 62,5, afektif 63, dan psikomotor 65, dengan rata-rata 63,5%. Sedangkan pada siklus II dengan nilai kognitif 73,8, afektif 81,8, dan psikomotor 79,3, dengan rata-rata 78,3% . Oleh sebab itu strategi belajar PQ4R dapat digunakan dalam suatu referensi dalam pelaksanaan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pembelajaran IPS, Strategi Belajar PQ4R
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Shahudul Farid
Date Deposited: 29 Jul 2025 09:21
Last Modified: 29 Jul 2025 09:21
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18426

Actions (login required)

View Item
View Item