Upaya Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Kooperatif Pada Mata Pelajaran Seni Budaya di SMPN 3 Painan

Junaido, Junaido (2015) Upaya Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Kooperatif Pada Mata Pelajaran Seni Budaya di SMPN 3 Painan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_JUNAIDO_96685_6031_2015.pdf] Text
B1_6_JUNAIDO_96685_6031_2015.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran seni budaya karena kebiasaan siswa yang cendrung malas untuk mengulang pelajaran yang telah diplajari. Selain itu siswa juga
merasa bosan dan tidak menyenangi metode yang diterapkan guru mata pelajaran seni budaya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah kegiatan belajar mengajar menggunakan metode kooperatif dapat meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa?” Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action
Research). Populasi penelitian adalah lembar observasi. Yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah SMP Negeri 3 Painan dalam mata pelajaran seni budaya, yang terdiri dari 27 orang siswa kelas IX1. Pokok bahasan yang dijadikan
penelitian adalah musik mancanegara. Hasil analisis data menunjukkan nilai rata siswa dengan menggunakan
metode kooperatif dari siklus pertama pertemuan I 68,70, pertemuan II 76,11,sedangkan siklus ke II adalan 88,88. Dari aktivitas dan hasil belajar yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa belajar seni budaya dengan menggunakan metode kooperatif dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 29 Jul 2025 09:21
Last Modified: 29 Jul 2025 09:21
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18425

Actions (login required)

View Item
View Item