Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Penggunaan Metode Problem Solving di Kelas IV SDN 23 Lembah Melintang Pasaman Barat

Mulyati, Mulyati (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Penggunaan Metode Problem Solving di Kelas IV SDN 23 Lembah Melintang Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_MULYATI_58385_363_2013.pdf] Text
final_B1_6_MULYATI_58385_363_2013.pdf

Download (933kB)

Abstract

Berdasarkan fenomena yang peneliti temukan di kelas IV SD Negeri 23 Lembah Melintang Pasaman Barat menunjukkan bahwa pembelajaran IPS belum terlaksana secara baik. Dari segi proses pembelajaran, guru dalam pembelajaran IPS pada umumnya hanya menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan. Sehingga anak beranggapan bahwa pelajaran IPS hanya pelajaran hafalan yang mengakibatkan minat belajar siswa menurun dan hasil belajar siswa menjadi rendah. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan metode problem solving pada siswa kelas IV SDN 23 Lembah Melintang Pasaman Barat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research) di bidang pendidikan dan pengajaran IPS dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini dilakukan untuk dua siklus. Setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian yang diperoleh dengan menggunakan metode Problem Solving dengan dua siklus menunjukkan adanya peningkatan. Hal ini terlihat dari hasil penilaian perencanaan siklus I diperoleh rata-rata 94,5 meningkat pada siklus II menjadi 96. Penilaian pelaksanaan aspek guru adalah 88 meningkat pada siklus II menjadi 97 dan aspek siswa siklus I adalah 87,5 meningkat pada siklus II menjadi 98. Serta Hasil belajar siswa pada siklus I adalah 79 meningkat pada siklus II menjadi 88. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa metode Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 23 Lembah Melintang Pasaman Barat.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pembelajaran IPS, Metode Problem Solving
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Shahudul Farid
Date Deposited: 29 Jul 2025 09:20
Last Modified: 29 Jul 2025 09:20
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18421

Actions (login required)

View Item
View Item