Peningkatan Keterampilan Membaca Intensif dengan Strategi Priview Question Read Reflecty Recite Review (PQ4R) bagi Siswa Kelas VI SDN 35 Padang Sarai Kota Padang

Mulyanita, Mulyanita (2013) Peningkatan Keterampilan Membaca Intensif dengan Strategi Priview Question Read Reflecty Recite Review (PQ4R) bagi Siswa Kelas VI SDN 35 Padang Sarai Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_MULYANITA_56915_2277_2013.pdf] Text
final_B1_6_MULYANITA_56915_2277_2013.pdf

Download (711kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam membaca intensif. Siswa kurang mampu menemukan informasi yang terdapat dalam teks dengan cepat dengan menggunakan strategi PQ4R. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca intensif dengan strategi PQ4R. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VI SD Negeri 35 Padang Sarai Kecamatan Koto Tangah Kota Padang yang berjumlah 25 orang. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Prosedur penelitian dilakukan empat tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Penelitian ini menggunakan lembaran observasi untuk melihat peningkatan keterampilan siswa dalam membaca intensif sebuah teks. Data penelitian ini berupa informasi tentang peningkatan keterampilan membaca intensif pada tahap prabaca, saatbaca dan pascabaca. Sumber data adalah proses pelaksanaan pembelajaran membaca intensif dengan menggunakan strategi PQ4R pada siswa kelas VI SD Negeri 35 Padang Sarai Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan membaca intensif siswa mengalami peningkatan, Pada siklus I sebagian besar siswa masih kurang mampu membaca intensif. Sehingga dilakukan bimbingan kepada siswa pada masing – masing langkah pembelajaran dengan strategi PQ4R. Pada siklus II siswa sudah mampu membaca Intensif, sehingga nilai rata – rata membaca Intensif siswa mengalami peningkatan dari 61,17 % pada siklus I menjadi 85,7 % pada siklus II. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi PQ4R dapat meningkatkan keterampilan membaca intensif pada siswa kelas VI SD Negeri 35 Padang Sarai Kecamatan Koto Tangah Kota Padang karena pada tahap prabaca siswa mampu memprediksi isi bacaan (priview) dan menyusun pertanyaan (question) dengan baik , pada tahap saatbaca siswa dapat membaca seluruh bacaan (read) dengan serius, memahami dan menemukan informasi dari teks bacaan ( reflect) yang dibaca dengan cepat, dan mampu membuat inti sari bacaan (recite) dengan tepat, dan pada tahap pascabaca siswa membaca kembali inti sari bacaan dan menjawab semua pertanyaan dengan benar (review) .

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Membaca Intensif, Strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review), Peningkatan Keterampilan Membaca
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Shahudul Farid
Date Deposited: 29 Jul 2025 09:20
Last Modified: 29 Jul 2025 09:20
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18413

Actions (login required)

View Item
View Item