Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Pendekatan Scientific Pada Tema Tugasku Sehari-hari di Kelas II SD N 07 Teladan Bukittinggi

Seprianti, Siska (2016) Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Pendekatan Scientific Pada Tema Tugasku Sehari-hari di Kelas II SD N 07 Teladan Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_SISKA_SEPRIANTI_54299_1888_2016.pdf] Text
final_B1_6_SISKA_SEPRIANTI_54299_1888_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa proses pembelajaran masih belum maksimal, masih terdapat beberapa langkah Scientific yang belum terlaksana secara optimal, yaitu pada langkah menanya dan menalar, dan guru kurang memberikan konsep yang nyata bagi siswa. Akibatnya siswa terlihat kurang aktif dalam pembelajaran, siswa kurang termotivasi untuk bertanya, dan siswa kurang memperoleh informasi berdasarkan kehidupan nyatanya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran siswa dalam penerapan pembelajaran tematik terpadu dengan pendekatan Scientific. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas II SD Negeri 07 Teladan Bukittinggi dengan jumlah siswa 25 orang dan peneliti berperan sebagai praktisi serta guru kelas berperan sebagai observer. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak II siklus dengan siklus I terdiri dari II pertemuan dan siklus II terdiri dari I pertemuan, alur penelitian meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dalam a) RPP pada siklus I adalah 87,49% dengan kualifikasi sangat baik dan siklus II meningkat menjadi 97,22% dengan kualifikasi sangat baik, b) penilaian proses pada aspek guru siklus I adalah 84,16% dengan kualifikasi sangat baik, dan siklus II meningkat menjadi 96,66% dengan kualifikasi sangat baik, pada aspek siswa siklus I adalah 74% dengan kualifikasi baik, dan siklus II meningkat menjadi 95% dengan kualifikasi sangat baik, sedangkan pada hasil belajar siswa rata-rata siklus I adalah 2,52 dengan kualifikasi baik, dan pada siklus II meningkat menjadi 3,75 dengan kualifikasi sangat baik. Hal ini membuktikan proses pembelajaran tematik terpadu menggunakan pendekatan scientific dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SD N 07 Teladan Bukittinggi

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ematik Terpadu, endekatan Scientific
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 29 Jul 2025 09:19
Last Modified: 29 Jul 2025 09:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18411

Actions (login required)

View Item
View Item