Pengaruh LKS Berbentuk TANDUR Dalam Model Pembelajaran Quantum Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bukit Sundi Kabupaten Solok

Efendi, Jun (2012) Pengaruh LKS Berbentuk TANDUR Dalam Model Pembelajaran Quantum Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bukit Sundi Kabupaten Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_JUN_EFENDI_86277_764_2012.pdf] Text
B1_6_JUN_EFENDI_86277_764_2012.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran Fisika siswa perlu terlibat secara aktif dalam mengkontruksi pengetahuan. Pembelajaran Fisika harus dilaksanakan dalam suasana belajar yang menyenangkan agar dapat memotivasi dan mendorong keaktifan belajar siswa
sehingga pencapaian kompetensi belajar Fisika siswa dapat ditingkatkan. Salah satu cara yang digunakan untuk memotivasi dan mengaktifkan belajar siswa dalam suasana belajar yang menyenangkan adalah dengan menerapkan model
pembelajaran Quantum Teaching and Learning dengan bantuan LKS berbentuk TANDUR merupakan bahan ajar yang dapat mendorong keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian untuk menyelidiki penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching and Learning dengan bantuan LKS berbentuk
TANDUR perlu dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh LKS berbentuk TANDUR dalam model pembelajaran Quantum Teaching and Learning terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMAN 1 Bukit Sundi
Kabupaten Solok. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah
semua siswa pada kelas X SMAN 1 Bukit Sundi Kabupaten Solok yang terdaftar pada tahun ajaran 2011/2012. Kelas sampel ditentukan melalui teknik Cluster Random Sampling. Sampel yang diperoleh adalah siswa kelas X sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data penelitian berupa tes tertulis untuk ranah kognitif dan lembar observasi untuk ranah afektif. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji t pada taraf nyata 0,05 untuk ranah kognitif dan ranah afektif. 3 Hasil penelitian yang diperoleh pada ranah kognitif adalah rata-rata hasil
belajar kelas eksperimen 71,10 lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 65,79. Hasil analisis uji t, diperoleh t
hitung = 3,91 dan t = 1,67 pada taraf nyata 0,05, berarti
t hitung berada di luar daerah penerimaan Hitabel , maka Hi diterima. Pada ranah afektif diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 80,97 lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 74,79. Hasil analisis uji t, diperoleh t 0
hitung
= 2,31 besar dari t
= 1,67 pada
taraf nyata 0,05, berarti t
hitung
berada di luar daerah penerimaan H
, maka Hi diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan Lembar Kerja Siswa berbentuk TANDUR dalam model pembelajaran Quantum Teaching and Learning memberikan pengaruh yang berarti terhadap hasil belajar Fisika siswa baik pada ranah kognitif maupun pada ranah afektif terhadap hasil belajar Fisika siswa kelas X SMA Negeri 1 Bukit Sundi Kabupaten Solok.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 29 Jul 2025 09:19
Last Modified: 29 Jul 2025 09:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18401

Actions (login required)

View Item
View Item