Mahendra, Indra (2014) Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Praktek Las di SMK Negeri 1 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_INDRA_MAHENDRA_06273_5474_2014.pdf [thumbnail of final_B1_7_INDRA_MAHENDRA_06273_5474_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_INDRA_MAHENDRA_06273_5474_2014.pdf
Download (728kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah bahwa rendahnya hasil belajar siswa Jurusan Mesin SMK Negeri 1 Pariaman dan menurunnya kinerja akademik atau motivasi belajar siswa. Hal ini terlihat dari siswa mengerjakan tugas belajar setelah dekat dengan batas waktu pengumpulannya. Masih banyak siswa yang tidak melakukan perencanaan dalam belajar, kecenderungan siswa untuk menyontek pekerjaan orang lain, mengusik teman dan lain sebagainya. Adapun tujuan penelitian ini adalah Untuk mengungkapkan hubungan anatara motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Las Listrik di SMK Negeri 1 Pariaman.
Penelitian ini bersifat korelasional, yang bertujuan mengetahui ada tidaknya Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Praktek Las di SMK Negeri 1 Pariaman. Populasi penelitian ini adalah adalah siswa teknik mesin di SMK Negeri 1 Pariaman yang terdaftar pada tahun ajaran 2013/2014 berjumlah 96 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dari populasi sebanyak 48 orang. Data hasil belajar siswa diperoleh dari guru kelas berupa arsip nilai semester akhir pada siswa tahun masuk 2013/2014 dan data motivasi belajar diambil melalui angket. Uji coba angket dan penelitian dilakukan tanggal 25 Desember 2013 s/d 27 Januari 2014. Jenis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus Korelasi Pearson Product Moment dan untuk menguji keberartian koefisien korelasi r, dilakukan dengan menggunakan uji t sehingga akan didapat apakah hasil penelitian dapat digeneralisasikan pada populasi.
Dari analisis data hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi r hitung > r tabel (0,451 > 0,284) dan untuk uji keberartian korelasi didapat t hitung > t tabel (3,425 > 2,42) pada taraf signifikan 0,05. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat kontribusi yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dengan prestasi belajar siswa kelas Negeri 1 Pariaman tahun masuk 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hubungan Motivasi Belajar, Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin-S1 |
Depositing User: | Riska Monita Yanti |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 09:18 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 09:18 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18399 |