Kontribusi Kreativitas dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi Siswa Kelas II Jurusan Teknik Audio Video SMK Negeri 5 Padang

Sutra, Danil (2012) Kontribusi Kreativitas dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi Siswa Kelas II Jurusan Teknik Audio Video SMK Negeri 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_DANIL SUTRA_85110_2012_2778.pdf] Text
final_B1_6_DANIL SUTRA_85110_2012_2778.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari observasi daftar nilai siswa yang diperoleh dari dokumen guru yang mengajar mata diklat Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) di Kelas II Jurusan Teknik Audio Video SMKN 5 Padang. Berdasarkan observasi tersebut diperoleh data lebih dari 50% siswa mendapat nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (<7,00). Indikator yang memperlihatkan rendahnya hasil belajar siswa tersebut diduga karena rendahnya kreativitas siswa dalam belajar dan lingkungan belajar yang kurang kondusif. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap apakah terdapat kontribusi kreativitas dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar mata diklat KKPI Siswa Kelas II jurusan Teknik Audio Video di SMK Negeri 5 Padang. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah: (1) apakah terdapat kontribusi kreativitas terhadap hasil belajar, (2) apakah terdapat kontribusi lingkungan belajar terhadap hasil belajar, dan (3) apakah terdapat kontribusi kreativitas dan lingkungan belajar secara bersama terhadap hasil belajar.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas II jurusan Teknik Audio Video SMKN 5 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2011/2012 dan teknik dalam penentuan sampel adalah Simple Random Sampling sehingga yang menjadi sampel sebanyak 33 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner sebanyak 66 butir dan dokumen guru. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment dan program SPSS.
Dari hasil penelitian terlihat bahwa: (1) terdapat kontribusi kreativitas terhadap hasil belajar, (2) terdapat kontribusi lingkungan belajar terhadap hasil belajar, dan (3) terdapat kontribusi kreativitas dan lingkungan belajar secara bersama terhadap hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan kepada guru dan orang tua yang secara langsung berhubungan dengan siswa hendaknya dapat membantu siswa dalam mengembangkan kreativitasnya dalam belajar dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, sehingga siswa dapat menggunakan waktu untuk berkreativitas dengan maksimal dan memperoleh hasil belajar yang memuaskan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kreativitas belajar, lingkungan belajar, hasil belajar KKPI
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Gilang Maulana Rasyid
Date Deposited: 29 Jul 2025 09:18
Last Modified: 29 Jul 2025 09:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18395

Actions (login required)

View Item
View Item