Annisa, Wahyu (2020) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas IV SDN 11 Koto Marapak Kota Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_WAHYU_ANNISA_16129424_4323_2021NNISA.pdf [thumbnail of final_B1_06_WAHYU_ANNISA_16129424_4323_2021NNISA.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_WAHYU_ANNISA_16129424_4323_2021NNISA.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu, karena guru belum mampu melaksanakan pembelajaran dengan optimal, sehingga berakibat kepada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan model discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar tematik terpadu di kelas IV SDN 11 Koto Marapak Kota Pariaman.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 11 Koto Marapak Kota Pariaman dengan jumlah siswa 12 orang, peneliti sebagai praktisi dan guru kelas sebagai observer. Penelitian ini di laksanakan sebanyak II siklus, yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahawa dalam a) rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) siklus I dengan memperoleh rata-rata 79.16% dengan kualifikasi cukup (C), aspek guru memperoleh rata-rata 78.12% dengan kualifikasi cukup (C), aspek siswa memperoleh rata-rata 73.43% dengan kualifikasi cukup (C) hasil belajar siklus I memperoleh rata-rata 74.61% dengan kualifikasi cukup (C), b) rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) siklus II memperoleh rata-rata 94.44% dengan kualifikasi sangat baik (SB), aspek guru memperoleh rata-rata 93.75% dengan kualifikasi sangat baik (SB), aspek siswa memperoleh rata-rata 90.62% dengan kualifikasi sangat baik (SB), ) hasil belajar siklus II memperoleh rata-rata 90.45% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan Hasil Belajar Tematik Terpadu Di Kelas IV SDN 11 Koto Marapak Kota Pariaman.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Discovery Learning, hasil belajar siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Fini Alya Putri |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 09:18 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 09:18 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18391 |