Hubungan Persepsi Siswa Tentang Suasana Belajar Dikelas Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Mesin Operasional Dasar (MOD) di SMK Negeri 2 Sawahlunto.

Mayriswan, Mayriswan (2012) Hubungan Persepsi Siswa Tentang Suasana Belajar Dikelas Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Mesin Operasional Dasar (MOD) di SMK Negeri 2 Sawahlunto. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_07_MAYRISWAN_76675_2407_2014.pdf] Text
final_B1_07_MAYRISWAN_76675_2407_2014.pdf

Download (679kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi antara suasana beajar dikelas terhadap hasil belajar pada mata pelajaran mesin operasional dasar (MOD) kelas X SMK Negeri 2 Sawahlunto. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu persepsi siswa tentang suasana belajar dikelas sebagai variabel X dan hasil belajar siswa sebagai variabel Y. Untuk mengungkap cara belajar siswa dan hasil belajar siswa digunakan beberapa indikator. Hasil dari resepsi siswa tentang suasana belajar ini kurang baik yang mengakibatkan suasana dalam pembelajaran tidak kondusif. Penelitian ini bersifat kuantitatif korelasional yang bertujuan untuk menginterprestasikan data dan menghitung besar korelasi yang dimilikinya. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X jurusan teknik mesin SMK Negeri 2 Sawahlunto yang berjumlah 66 orang. Mengingat terbatasnya jumlah populasi dalam penelitian ini, maka tidak dilakukan penarikan sampel. Oleh sebab itu penelitian ini adalah penelitian populasi. Responden uji coba diambil dari luar populasi penelitian yakni kepada siswa jurusan teknik mesin yang memiliki karekteristik yang sama dan di anggap telah memenuhi syarat sebagai uji coba. Setelah dilakukan uji validitas dan reliabilitas, maka dilakukan pengambilan data. Dari uji coba ini bisa dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa masih kurang baik, bisa dibuktikan dari hasil nilai siswa. Nilai siswa yang didapat melalui guru yang mengajar mata pelajaran Mesin Operasional Dasar (MOD) ini adalah 53 % siswa yang mendapatkan nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 7,5. Hasil penelitian diperoleh harga koefesien korelasi sebesar 0,443 dimana harga rtabel = 0,242, karena rtabel < rhitung maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara suasana belajar dikelas dengan hasil belajar pada mata pelajaran mesin operasional dasar (MOD) kelas X SMK Negeri 2 Sawahlunto, dengan kategori interpretasi koefisien korelasi pada tahap sederhana/ sedang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Belajar, Hasil Belajar, Operasonal Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin-S1
Depositing User: Zikri Ramadhan
Date Deposited: 29 Jul 2025 09:17
Last Modified: 29 Jul 2025 09:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18388

Actions (login required)

View Item
View Item