Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Metode Bermain Peran di Kelas V SD Negeri 03 Bahagia Padang Gelugur

Dalima, Dalima (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Metode Bermain Peran di Kelas V SD Negeri 03 Bahagia Padang Gelugur. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_DALIMA_52634_2042_2013.pdf] Text
final_B1_6_DALIMA_52634_2042_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan pengalaman penelitian, pembelajaran PKn masih berlansung monoton, guru belum menguasai dan memahami paradigma pembelajaran PKn yang sebenarnya. Sehingga pembelajaran PKn belum mampu menanamkan karakter secara keseluruhan kepada peserta didik. Oleh karena itu diadakan penelitian dengan judul: Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Metode Bermain Peran di Kelas V SD Negeri 03 Bahagia Padang Gelugur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan menggunakan metode bermain peran.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian meliputi penyusuanan perancanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan tindakan serta refleksi terhadap tindakan yang telah dilakukan melalui kolaborasi dengan teman sejawat. Data diperoleh dari proses pelaksanaan pembelajaran PKn dengan menggunakan metode bermain peran pada siswa yang berjumlah 30 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa RPP pada siklus I diperoleh nilai 78,5%. Pada siklus II meningkat menjadi 100%, artinya semua kriteria penulisan RPP sudah terdapat dalam RPP penelitian. Pengamatan terhadap guru pada siklus I dapat dipresentasekan 69%. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Pengamatan terhadap siswa pada siklus I diperoleh 65%. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Pengamatan terhadap hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh rata-rata kelas 69. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 82. Dengan demikian terjadi peningkatan terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan metode bermain peran.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: bermain peran, hasil belajar, pembelajaran PKn
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Gilang Maulana Rasyid
Date Deposited: 29 Jul 2025 09:15
Last Modified: 29 Jul 2025 09:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18377

Actions (login required)

View Item
View Item