Rahmah, Riki (2012) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme di Kelas IV SD Negeri 05 Kampung Pisang Kecamatan IV Koto Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_RIKI_RAHMAH_93772_946_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_RIKI_RAHMAH_93772_946_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_RIKI_RAHMAH_93772_946_2012.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV SDN 05 Kampung Pisang, Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam. Hal ini terjadi karena kurang tepatnya pendekatan pembelajaran yang digunakan guru sehingga pembelajaran menjadi kurang bermakna dan membosankan bagi siswa dan pada akhirnya hasil belajar yang diperoleh siswapun menjadi rendah. Untuk mengatasi hal ini dilakukan tindakan dengan menggunakan pendekatan Konstruktivisme. Pendekatan Konstruktivisme menekankan pada membangun pengetahuan pada siswa berdasarkan pengetahuan dan pengalaman yang telah dimilikinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan Konstruktivisme. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom action research), penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dengan 2 siklus, dan setiap siklus ada 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian berupa informasi tentang proses dan hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan dan catatan setiap tindakan serta hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa SD terteliti. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan tes untuk menguji ketuntasan belajar dengan persentase. Hasil penilaian penelitian siklus I pertemuan pertama menunjukkan ketercapaian yang diperoleh siswa pada aspek kognitif 64%, aspek afektif 70,8%, aspek psikomotor 71,7%. Siklus I pada pertemuan kedua ketercapaian yang diperoleh siswa pada aspek kognitif 72%, aspek afektif 76,4%, aspek psikomotor 75,7%. Penelitian dilanjutkan pada siklus II yang diperoleh siswa adalah aspek kognitif 84%, aspek afektif 80,3%, aspek psikomotor 81,2%. Telah terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan pada penelitian tindakan kelas melalui pendekatan Konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar,IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Zahran Zacky |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 09:15 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 09:15 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18376 |