Ramadhan, Handika Rizki (2018) Penerapan Metode Solfegio Pada Pembelajaran Bermain Musik Iringan Tari di SMA Negeri 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_HANDIKA_RIZKI_RAMADHAN_14023098_3642_2018.pdf [thumbnail of final_B1_06_HANDIKA_RIZKI_RAMADHAN_14023098_3642_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_HANDIKA_RIZKI_RAMADHAN_14023098_3642_2018.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode
solfegio sebagai penunjang tingkat keberhasilan siswa dalam bermain musik
iringan tari dalam mata pelajaran seni budaya serta keterkaitan dengan
pembelajaran bermain musik iringan tari pada siswa.
Penelitian ini digolongkan pada penelitian kualitatif yang menggunakan
pendekatan deskriptif analisis dengan objek penelitian siswa kelas XI MIA 2
SMA Negeri 1 Padang. Tehknik pengumpulan data yang digunakan pada
penelitian ini antara lain melalui observasi, wawancara, studi kepustakaan dan
dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode solfegio pada
pembelajaran bermain musik iringan tari pada siswa kelas XI MIA 2 SMA
Negeri 1 Padang memiliki dampak tingkat keberhasilan yang tinggi. Penerapan
metode solfegio membuat siswa mengalami perkembangan kemampuan serta
mempermudah siswa dalam membuat musik iringan tari. Dari 30 siswa di
dalam kelas, 18 siswa berhasil mendapatkan dan mengiringi pembelajaran
dengan baik serta maraih hasil belajar diatas rata-rata standar nilai dalam
pembelajaran seni budaya, 7 orang siswa meraih nilai standar kelulusan, dan 5
orang lainnya dibawa nilai standar kelulusan. Hal ini menunjukkan sebanyak
83,3% dari total keseluruhan siswa mempunyai tingkat ketrampilan yang
tinggi
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 08:53 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 08:53 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18374 |