Antony, Angga (2017) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PKn Dengan Model Problem Based Learning di Kelas IV SDN 03 Pakan Labuah Kota Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_ANGGA_ANTONY_1304926_3700_2017.pdf [thumbnail of final_B1_06_ANGGA_ANTONY_1304926_3700_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_ANGGA_ANTONY_1304926_3700_2017.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn kondisi yang disebabkan guru sering menjelaskan materi PKn hanya berdasarkan yang ada di dalam buku paket tanpa mengaitkan masalah dalam kehidupan nyata dengan berceramah, menyebabkan pembelajaran kurang menarik dan siswa menjadi kurang aktif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar pada pembelajaran PKn dengan model Problem Based Learning (PBL) dikelas IV SDN 03 Pakan Labuah Kota Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian didahului dengan perancanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian berupa observasi dan tes. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester II Tahun Ajaran 2016/2017. Subjek penelitian adalah guru selaku observer, peneliti selaku praktisi, dan siswa kelas IV sebanyak 26 orang yang terdiri dari 12 orang laki laki dan 14 orang perempuan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II, perencanaan pembelajaran memperoleh nilai rata-rata dari 73% menjadi 92,8%, aktivitas guru dari 81,2% menjadi 93,7%, aktivitas siswa dari 81,2% menjadi 93,7%, serta hasil belajar siswa memperoleh rata-rata dari 72 meningkat menjadi 82. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan model Problem Based Learning dapat meningkat hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn di Kelas IV SDN 03 Pakan Labuah Kota Bukittinggi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan, Problem Based Learning(PBL),Pkn |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Assariy Ramdhani |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 08:53 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 04:15 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18372 |