Angela, Viviem Febria (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran PKn dengan Pembuatan Peta Konsep di Kelas IV SD N 01 Balai Naras Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_VIVIEM_FEBRIA_ANGELA_93615_6125_2013.pdf [thumbnail of final_B1_06_VIVIEM_FEBRIA_ANGELA_93615_6125_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_VIVIEM_FEBRIA_ANGELA_93615_6125_2013.pdf
Download (4MB)
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan yang dilaksanakan di kelas VI SD Negeri 01 Balai Naras Pariaman menunjukkan ditemukan bahwa hasil pembelajaran PKn masih rendah. Pengunaan pembuatan peta konsep merupakan salah satu cara untuk memecahkan masalah dalam proses pembelajaran PKn pada siswa. Untuk meningkatkan hasil belajar tersebut diadakanlah penelitian tindakan kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn dengan pembuatan peta konsep.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini terdiri dari dua siklus yang dilakukan secara kolaboratif dengan teman sejawat. Setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi, dokumentasi dan hasil tes.
Hasil penelitian dengan pembuatan peta konsep dalam pembelajaran PKn. (1) Hasil pengamatan RPP pada siklus I pertemuan 1 adalah78,57%, pertemuan 2 adalah 82,14%, rata-rata siklus I 80,35% dengan dan siklus II 85,71% (2) Pelaksanaan aktivitas guru siklus I pertemuan 1 adalah 68,75% dan pertemuan 2 adalah 75% ratarata siklus I adalah 71,87% dan siklus II 87,5%, dan pelaksanaan aktivitas siswa siklus I pertemuan 1 adalah 62,5% dan pertemuan 2 adalah 68,75%, rata-rata siklus I adalah 65,62% dan pada siklus II 87,5%, (3) Hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan I adalah 65 dan pertemuan II 68,05 sehingga rata-rata 66,52. Dan 78,55 pada siklus II. Dengan demikian terbukti bahwa pembuatan peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn di kelas IV SD Negeri 01 Balai naras Pariaman.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran PKn, Peta Konsep |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Fini Alya Putri |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 08:52 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 08:52 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18363 |