Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) di kelas IV SDN 11 Marunggi Kota Pariaman

Nur, Mulyani (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) di kelas IV SDN 11 Marunggi Kota Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_MULYANI_NUR_1204934_4809_2016.pdf] Text
final_B1_6_MULYANI_NUR_1204934_4809_2016.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perencanaan yang disusun guru belum sesuai dengan pelaksanaan pada pembelajaran IPS. Akibatnya hasil belajar yang diperoleh siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan Model Cooperative Learning Tipe TSTS di Kelas IV SDN 11 Marunggi Kota Pariaman. Penelitian dilaksanakan di SDN 11 Marunggi Kota Pariaman dengan subjek penelitian guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 18 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitiannya yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes dan nontes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada a) RPP siklus I pertemuan I 71% dengan kualifikasi Baik (B), siklus I pertemuan II 89,28% dengan kualifikasi Sangat Baik (A), dan siklus II 93% dengan kualifikasi Sangat Baik (A), b) penilaian aspek guru siklus I pertemuan I 75% dengan kualifikasi Baik (B), siklus I pertemuan II 85% dengan kualifikasi Sangat Baik (A), dan siklus II 95% dengan kualifikasi Sangat Baik (A), penilaian aspek siswa siklus I pertemuan I 60% dengan kualifikasi Cukup (C), siklus I pertemuan II 80% dengan kualifikasi Sangat Baik (A), dan siklus II 95% dengan kualifikasi Sangat Baik (A), c) nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus I pertemuan I 69,58 dengan kualifikasi Cukup (C) , siklus I pertemuan II 75,21 dengan kualifikasi Baik (B), dan siklus II 83,82 dengan kualifikasi Sangat Baik (A). Dengan demikian, Model Cooperative Learning Tipe TSTS dapat meningkatkan hasil belajar IPS di Kelas IV SDN 11 Marunggi Kota Pariaman.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pembelajaran IPS, Cooperative Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Shahudul Farid
Date Deposited: 29 Jul 2025 08:51
Last Modified: 29 Jul 2025 08:51
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18355

Actions (login required)

View Item
View Item