Pengembangan Modul Asam Dan Basa Berbasis Pendekatan Saintifik Dengan Pertanyaan Probing Dan Prompting Untuk Kelas Xi Sma/Ma

Marlenza, Ticha (2021) Pengembangan Modul Asam Dan Basa Berbasis Pendekatan Saintifik Dengan Pertanyaan Probing Dan Prompting Untuk Kelas Xi Sma/Ma. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_07_TICHA_MARLENZA_15035017_2334_2021.pdf] Text
B1_07_TICHA_MARLENZA_15035017_2334_2021.pdf

Download (12MB)

Abstract

Research and Development (R&D) digunakan dalam penelitian ini untuk menghasilkan produk baru berbentuk modul pendekatan saintifik yang menggunakan pertanyaan probing dan prompting untuk materi asam dan basa disertai mengetahui bagaimana kevalidan dan kepraktisan produk yang dihasilkan menggunakan model pengembangan 4-D. Define, Design, Develop, dan Disseminate adalah tahapan yang dikerjakan pada pengembangan 4-D. Keterbatasan waktu dan biaya menyebabkan tahap disseminate tidak terealisasi. Angket validitas dan praktikalitas adalah instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data. Menggunakan formula Aiken’s V dalam analisa data diperoleh kategori valid untuk uji validitas dengan nilai V rata-rata sebesar 0,90. Untuk uji praktikalitas dari guru dan siswa diperoleh kategori sangat praktis dengan persentase rata-rata praktikalitas masing-masing sebesar 87% dan 85%. Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa modul pendekatan saintifik yang menggunakan pertanyaan probing dan prompting materi asam dan basa dinyatakan praktis dan juga sudah valid digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: modul, pendekatan saintifik, pertanyaan probing dan prompting, asam dan basa, model 4-D
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1
Depositing User: Al Hafidz Ramadhan
Date Deposited: 29 Jul 2025 08:51
Last Modified: 29 Jul 2025 08:51
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18354

Actions (login required)

View Item
View Item