Pengaruh Penerapan Permainan Bingo Dalam Model Pembelajaran Langsung Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 13 Padang

Febriani, Febriani (2012) Pengaruh Penerapan Permainan Bingo Dalam Model Pembelajaran Langsung Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 13 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_FEBRIANI_05044.pdf] Text
final_B1_6_FEBRIANI_05044.pdf

Download (449kB)

Abstract

Pembelajaran Fisika perlu melibatkan siswa secara aktif dalam mengkontruksi pengetahuan. Pembelajaran Fisika harus dilaksanakan dalam suasana belajar yang menyenangkan agar dapat memotivasi dan mendorong keaktifan belajar siswa sehingga pencapaian kompetensi belajar Fisika siswa dapat ditingkatkan. Salah satu cara yang digunakan untuk memotivasi dan mengaktifkan belajar siswa dalam suasana belajar yang menyenangkan adalah dengan menerapkan permainan Bingo dalam model pembelajaran langsung. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan permainan bingo dalam model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar IPA - fisika siswa kelas VIII SMPN 13Padang.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa pada kelas VIII SMPN 13 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2011/2012. Kelas sampel ditentukan melalui teknik Cluster Sampling. Sampel yang diperoleh adalah siswa kelas VIII3 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII5 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data penelitian berupa tes tertulis untuk ranah kognitif dan lembar observasi untuk ranah afektif dan psikomotor. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji t pada taraf nyata 0,05 untuk ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotor.
Hasil penelitian yang diperoleh pada ranah kognitif adalah rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 76,54 lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 71,55. Hasil analisis uji t, diperoleh thitung = 2,02 dan ttabel = 1,66 pada taraf nyata 0,05, berarti thitung berada di luar daerah penerimaan Ho, maka Hi diterima. Pada ranah afektif diperoleh nilai rata rata kelas eksperimen 76,38 lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 70,71. Hasil analisis uji t, diperoleh thitung = 1,79 besar dari ttabel = 1,66 pada taraf nyata 0,05, berarti thitung berada di luar daerah penerimaan Ho, maka Hi diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan permainan bingo dalam model pembelajaran langsung memberikan pengaruh yang berarti terhadap hasil belajar IPA Fisika siswa baik pada ranah kognitif , dan ranah afektif terhadap hasil belajar IPA Fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Padang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Permainan bingo, pembelajaran langsung, hasil belajar IPA Fisika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Muhammad Arga
Date Deposited: 29 Jul 2025 06:54
Last Modified: 29 Jul 2025 06:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18320

Actions (login required)

View Item
View Item