Andriani, Desri (2018) Pengembangan Disiplin Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Adzkia I Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_07_DESRI_ANDRIANI_1305225_1820_2018.pdf [thumbnail of final_B1_07_DESRI_ANDRIANI_1305225_1820_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_07_DESRI_ANDRIANI_1305225_1820_2018.pdf
Download (678kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perilaku disiplin anak pada sebahagian Taman Kanak-kanak di Kota Padang belum berkembang secara optimal. Berdasarkan fenomena yang ada, permasalahan tersebut terjadi karena kurangnya cara guru dalam menanamkan disiplin pada anak, sementara ada pada Taman Kanak-kanak Adzkia I Padang bahwa disiplin anak sudah berkembang dengan baik. Berdasarkan kondisi yang terjadi di lapangan dan pentingnya pengembangan disiplin pada anak usia 5-6 tahun, maka peneliti ingin mengetahui bagaimanakah cara guru Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Adzkia I Padang mengembangkan disiplin pada anak. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan bentuk disiplin yang diterapkan guru pada anak di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Adzkia I Padang, Untuk mendeskripsikan peranan guru dalam menerapkan disiplin pada anak di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Adzkia I Padang, dan Untuk mendeskripsikan metode yang dikembangkan oleh guru dalam menerapkan disiplin pada anak di Taman Kanakkanak Islam Terpadu Adzkia I Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Adzkia I Padang. Populasi penelitian adalah keseluruhan murid pada Taman Kanakkanak Islam Terpadu Adzkia I Padang. Sampel pada penelitian ini kelas cerdas ( TK B) dan kelas jujur (TK B). Waktu penelitian ini adalah mulai dari tanggal 5 Desember 2017 sampai dengan 11 Januari 2018. Informan atau responden dalam penelitian ini adalah guru. Teknik pegumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Sedangkan teknik pengabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pengembangan Disiplin Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-kanak Adzkia I Padang sudah baik. Pengembangan disiplin pada anak dilakukan dengan cara bentuk disiplin pada anak dengan mengajarkan mengantri pada anak, meletakkan barang-barang sesuai tempatnya, membuang sampah pada tempatnya, meletakkan sepatu, kemudian peranan guru sebagai pengingat pada anak yang melanggar aturan sehingga guru mengingatkan kembali, kemudian guru menggunakan metode pembiasaan, metode bercerita, dan metode praktek langsung yang diberikan guru untuk mengembangkan disiplin pada anak
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Disiplin Anak, Metode Pembelajaran |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Yudi Mubarok |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 06:53 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 06:54 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18318 |