Marlina, Dafri (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Inkuiri di Kelas V SD 01 Koto Marapak Kecamatan Pariaman Tengah Kota Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_DAFRI_MARLINA_09747_3237_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_DAFRI_MARLINA_09747_3237_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_DAFRI_MARLINA_09747_3237_2012.pdf
Download (559kB)
Abstract
Permasalahan yang dihadapi adalah pembelajaran IPA di kelas V masih dilaksanakan secara konvensional. Guru masih mendominasi pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah. Sementara siswa hanya menerima informasi dari guru. Menyikapi kenyataan di atas, perlu diadakan penelitian tindakan kelas (PTK). PTK bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran di suatu kelas, yang pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas tersebut. Dalam hal ini pendekatan inkuiri merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang sangat efektif dan efesien untuk dikembangkan.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Proses penelitian ini merupakan suatu siklus yang dimulai dari aspek mengembangkan perencanaan, melakukan tindakan sesuai rencana, melakukan pengamatan terhadap tindakan dan melakukan refleksi atau perenungan terhadap perencanaan, kegiatan tindakan, dan kesuksesan hasil yang diperoleh. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua kali siklus, dimana masing-masing siklus terdiri atas dua kali pertemuan.
Hasil penelitian yang dilakukan dalam dua siklus menunjukkan adanya peningkatan pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan inkuiri. Jika dilihat dari hasil belajar yang diperoleh siswa pada masing-masing siklus. Nilai rata-rata kognitif siswa yaitu dari 72% meningkat menjadi 79,8%. Dan nilai afektif juga mengalami peningkatan siklus I pertemuan I 68,38% pada pertemuan II 73,46% pada siklus II pertemuan I 82,71% pada pertemuan II 84,25%, sedangkan nilai psikomotor yang didapat dari siklus I pertemuan I 69,50% pada pada pertemuan II 71,54% siklus II pertemuan I 83,38% pada pertemuan II 84,25. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa pendekatan inkuiri dapat meningkatkan pembelajaran IPA di kelas V SD.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendekatan inkuiri meningkatkan hasil belajar IPA, metode ceramah membatasi partisipasi siswa, penelitian tindakan kelas sebagai solusi pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Gilang Maulana Rasyid |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 08:48 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 08:48 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18317 |