Hamzah, Hamzah (2012) Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Dua Tinggal-Dua Tamu di Kelas IV SDN 13 Bahagia Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_HAMZAH_52600_2575_2012.pdf [thumbnail of B1_6_HAMZAH_52600_2575_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_HAMZAH_52600_2575_2012.pdf
Download (317kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi pada pembelajaran IPS di Kelas IV SDN 13
Bahagia Panti Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman yang masih menggunakan
pendekatan konvensional, yaitu ceramah dan tidak melibatkan siswa dalam proses
pembelajaran, sehingga hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS belum
mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan oleh guru,
yaitu 65. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil
belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan menggunakan pendekatan
cooperative learning tipe Dua Tinggal-Dua Tamu di Kelas IV SDN 13 Bahagia
Panti Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman T.P 2011/2012.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN 13 Bahagia Panti Kecamatan Panti
Kabupaten Pasaman. Jenis penelitian ini ialah Penelitian Tindakan Kelas (Action
Research Classroom) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif.
Prosedur penelitian ini meliputi: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3)
Pengamatan. Observasi, dan (4) Refleksi. Data dalam penelitian ini ialah
menngunakan analisis kuantitatif dan kalitatif. Kegiatan pembelajaran dalam
penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus (dalam satu siklus dua kali
pertemuan). Data penelitian ini berupa informasi tentang hasil pengamatan
terhadap perencanaan, pelaksanaan, dan hasil tes siswa pada tiap akhir pertemuan.
Hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan cooperative learning
tipe Dua Tinggal-Dua Tamu dapat dilihat dari proses dan hasil tes siswa setiap
pertemuan. Hasil yang didapat pada pengamatan perencanaan (RPP) siklus I
mencapai 59.00%. Hasil yang didapat pada pengamatan perencanaan (RPP) siklus
II meningkat menjadi 80.36%, artinya perencanaan tersebut sudah berhasil
dijalankan oleh guru. Sementara hasil pengamatan yang dicapai pada aktivitas
guru pada siklus I 55.36%, sedangkan pada siklus II ialah 84.00%. Hasil
pengamatan aktivitas siswa pada siklus I ialah 53.00%, sementara pada siklus II
meningkat menjadi 79.00%. Hasil belajar yang didapat siswa pada siklus I ialah
60%, dan pada siklus II meningkat menjadi 82.35%. Dengan demikian, dapat
disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Dua Tinggal-Dua Tamu dapat
meningkatkan hasil belajar siswa dan dapat dijadikan sebagai alternatif bagi guru
dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 06:24 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 06:24 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18315 |