Peningkatan Hasil Belajar Operasi Hitung Campuran Bilangan Cacah Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Kooperatif Tipe Thing Pair Share (TPS) Di Kelas IV SD N 19 Ujuang Guguak Baso Agam

Hamimar, Hamimar (2015) Peningkatan Hasil Belajar Operasi Hitung Campuran Bilangan Cacah Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Kooperatif Tipe Thing Pair Share (TPS) Di Kelas IV SD N 19 Ujuang Guguak Baso Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_HAMIMAR_95272_992_2016.pdf] Text
B1_6_HAMIMAR_95272_992_2016.pdf

Download (920kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa siswa
mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep Operasi Hitung Campuran
Bilangan Cacah. Hal ini disebabkan guru masih dominan menggunakan metoda
ceramah. Diantara berbagai model pembelajaran yang ada terdapat cooperative
learning tipe Thing Pair Share. Tujuan Penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar hitungan campuran
bilangan cacah dengan menggunakan model kooperatif tipe think pair share
dalam pembelajaran matematika siswa IV SD N 19 Ujuang Guguak, Kecamatan
Baso.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan
bentuk penelitian yaitu penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan
sebanyak dua siklus dengan setiap siklus satu kali pertemuan. Prosedur penelitian
ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data
penelitian ini diperoleh melalui observasi, dan hasil tes. Dengan Subjek penelitian
adalah siswa kelas IV SD N 19 Ujuang Guguak, Kecamatan Baso.
Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan dalam: (a) perencanaan
pembelajaran yakni pada siklus I adalah 72%, pada siklus II meningkat 90,65%,
(b) pelaksanaan pembelajaran dari aspek guru, pada siklus I 71,87% meningkat
menjadi 87,75% pada siklus II dan pada aspek siswa siklus I 67% meningkat pada
siklus II menjadi 90,65%.(c) rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I
memperoleh nilai kognitif 61 dan meningkat pada siklus II 82,75, rata-rata nilai
afektif siklus I memperoleh nilai 67 dan meningkat pada siklus II menjadi 87,
rata-rata nilai psikomotor siklus I memperoleh nilai 73 meningkat pada siklus II
menjadi 91. Dapat disimpulkan bahwa penelitian menggunakan pembelajaran
kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar operasi
hitung campuran bilangan cacah dalam pembelajaran matematika di kelas IV SD
N 19 Ujuang Guguak, Kecamatan Baso.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 29 Jul 2025 06:24
Last Modified: 29 Jul 2025 06:24
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18313

Actions (login required)

View Item
View Item