Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Model Discovery Learning (DL) Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar

Hamjah, Hamjah (2017) Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Model Discovery Learning (DL) Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_HAMJAH_1308813_4944_2017.pdf] Text
final_B1_06_HAMJAH_1308813_4944_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan dilapangan bahwa guru belum
mengembangkan perangkat pembelajaran, khususnya bahan ajar. Hal ini dapat
dilihat ketika dilakukan observasi dan wawancara dengan guru dan siswa kelas III
SD Negeri 15 Ulu Gadut, yang ternyata mengadopsi langsung materi yang ada
pada buku siswa tersebut tanpa mengembangkannya lagi, dan tanpa memadukan
dengan model pembelajaran yang menuntut siswa aktif dalam memecahkan
berbagai masalah nyata dalam proses pembelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut
maka perlu dikembangkan bahan ajar tematik terpadu berbasis model Discovery
Learning (DL). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar tematik
terpadu berbasis model Discovery Learning (DL) untuk siswa kelas III SD yang
valid dan praktis.
Pengembangan bahan ajar ini mengacu pada model yang dikemukakan
oleh Thiagarajan, (1974), dengan tahap define, design, develove dan disseminate.
Akan tetapi, tahap disseminate hanya dilakukan dalam skala terbatas. Bahan ajar
yang dirancang divalidasi oleh validator kemudian diujicobakan di kelas III SD
Negeri 15 Ulu Gadut untuk mengetahui praktikalitas bahan ajar yang
dikembangkan.
Hasil penelitian yang dikembangkan, diperoleh hasil tingkat validitas
bahan ajar dengan rata-rata nilai validasi 3,94 dalam kategori sangat valid.
Selanjutnya hasil uji coba melihat pratikalitas bahan ajar dinyatakan sangat
praktis. Hal ini terlihat dari hasil respon guru, hasil respon siswa dan wawancara.
Dengan demikian, bahan ajar tematik terpadu berbasis model Discovery Learning
(DL) yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dan sangat praktis

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 29 Jul 2025 06:24
Last Modified: 29 Jul 2025 06:24
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18307

Actions (login required)

View Item
View Item