K, Mulyadi (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siwa Dalam Pembelajaran IPS Melalui Pendekatan Koperatif Tipe Jigsaw di Kelas IV SD Negeri 12 Pagadis Hilir Kecamatan Palupuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_MULYADI_K_07680_2190_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_MULYADI_K_07680_2190_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_MULYADI_K_07680_2190_2012.pdf
Download (2MB)
Abstract
Berdassarkan refleksi awal penulis dalam pembelajaran IPS di kelas IV sekolah Dasar 12 pagadis Hilir kecamatan palupuh ditemukan hasil belajar siswa rendah hal ini disebabkan karena guru masih dominan menggunakan metode ceramah dimana guru lebih aktif dari siswa, sedangkan siswa pasif dalam pembelajaran. Untuk mengatasi masalah di atas digunakan pendekatan koperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran IPS. Dimana dengan pendekatan ini berdampak positif terhadap perkembangan nilai belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas. Data penelitian ini berupa informasi tentang data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan , hasil observasi aktivitas guru dan siswa, serta tes akhir pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 12 Pagadis Hilir yang berjumlah 20 orang. Prosedur penelitian ini meliputi 1. Perencanaan, 2. Pelaksanaan, 3. Pengamatan. Penelitian dilaksanakan dua siklus, dilakukan secara kolaboratif oleh peneliti dan teman sejawat Hasil penilaian siswa dari 2 siklus. Siklus 1, hasil pengamatan RPP dengan rata-rata 73%, hasil pengamatan kegiatan guru dengan rata-rata 75% dan pengamatan kegiatan siswa dengan rata-rata 75%. Hasil belajar siswa dengan ratarata 60 %. Siklus 2, hasil pengamatan RPP dengan rata-rata 100%, pengamatan kegiatan guru denagan rata-rata 100% dan pengamatan kegiatan siswa dengan rata-rata 100%. Hasil belajar siswa dengan rata-rata 77 %. Dari hasil di atas dapat dilihat peningkatan hasil belajar siswa siklus 1 dan 2. Dengan demikian mengguakan pendekatan koperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar di sekolah Peningkatan Hasil Belajar IPS dengan Menggunanakan Pendekatan Kopretaif Tipe Jigsaw dapat mencapai tujuan yang diharapkan di kelas IV SDN 12 Pagadis Hilir Kecamatan Palupuh.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Kooperatif, Tipe Jigsaw, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Shahudul Farid |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 05:05 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 05:05 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18303 |