Pelaksanaan Pelayanan di Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (KESBANGPOL) Kota Padang

Fatmawati, Ike (2017) Pelaksanaan Pelayanan di Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (KESBANGPOL) Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_IKE_FATMAWATI_1300037_4362_2017.pdf] Text
B1_01_IKE_FATMAWATI_1300037_4362_2017.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya permasalahan yang
menunjukkan bahwa pelayanan di Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik
(KESBANGPOL) Kota Padang kurang terlaksana dengan baik. Tujuan penelitian
ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pelayanan di Kantor KESBANGPOL
Kota Padang dapat dilihat dari standar pelayanan yaitu (1) prosedur pelayanan,
(2) waktu penyelesaian, (3) biaya Pelayanan, (4) produk pelayanan, (5) sarana dan
prasarana (6) kompetensi petugas pemberi layanan.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif.
Pemilihan informan penelitian menggunakan teknik purposive sampling dan
penentuan jumlah informan menggunakan teknik snowball sampling. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.Teknik
analisis data menggunakan analisis interaktif yang meliputi reduksi data,
penyajian data, kemudian penarikan kesimpulan.Keabsahan data yang digunakan
adalah teknik triangulasi.
Temuan Penelitian menunjukkan bahwa: pelaksanaan pelayanan di
Kantor KESBANGPOL Kota Padang dapat dilihat dari standar pelayanan yaitu:
(1) prosedur pelayannnya masih berbelit-belit. Hal ini dapat dilihat dari adanya
masyarakat yang pulang kerumah untuk melengkapi persyaratan (2) kejelasan
waktu penyelesaian pelayanan masih belum pasti, karena tidak diinformasikan
kepada masyarakat, (3) semua biaya penyelesaian pelayanan di Kantor
KESBANGPOL Kota Padang gratis, (4) tidak semua produk/hasil pelayanan
diminta oleh masyarakat dan legalitasnya sah serta dapat dijadikan jaminan di
mata hukum, (5) sarana dan prasarana masih belum lengkap, namun masyarakat
merasa nyaman dengan ruang pelayanan yang bersih (6) petugas sudah melayani
masyarakat dengan menerapkan 5S, ramah dan adil, serta telah bekerja sesuai
bidang keahliannya masing-masing.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PELAKSANAAN PELAYANAN
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 14 Feb 2025 09:46
Last Modified: 14 Feb 2025 09:46
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/1830

Actions (login required)

View Item
View Item