Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Membuat Mind Map di Kelas VI SD Negeri 23 Luhak Nan Duo Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat

Mukhlis, Mukhlis (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Membuat Mind Map di Kelas VI SD Negeri 23 Luhak Nan Duo Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_MUKHLIS_58323_3266_2016.pdf] Text
final_B1_6_MUKHLIS_58323_3266_2016.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah Dasar (SD) bahwa hasil belajar siswa rendah, hal ini disebabkan siswa sulit memahami konsep-konsep IPS, kondisi ini disebabkan siswa tidak mengetahui cara membuat ringkasan materi. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS diadakan penelitian tindakan kelas dengan membuat Mind Map. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan membuat Mind Map Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan yang disertai pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas VI SD yang berjumlah 20 orang. Jumlah siswa laki-laki 8 orang dan perempuan 12 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunkan teknik observasi dan hasil tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan, Hasil RPP siklus I pertemuan I dan II dengan rata-rata 76,5% (kualifikasi cukup) meningkat menjadi 91% di siklus II (kualifikasi sangat baik), Hasil dari aspek guru siklus I pertemuan I dan II dengan rata-rata 78,5% (kualifikasi cukup) meningkat menjadi 93% (kualifikasi sangat baik) di siklus II dan pada aspek siswa siklus I pertemuan I dan II dengan persentase rata-rata 78% (kualifikasi cukup) meningkat menjadi 93% (kualifikasi sangat baik) di siklus II. Hasil belajar IPS siklus I pertemuan I nilai rata-rata 7,2 (kualifikasi cukup), pada pertemuan II nilai rata-rata 7,8 (kulifikasi cukup) meningkat pada siklus II nilai rata-rata 8,6. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran IPS dengan membuat Mind Map dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 23 luhak Nan Duo Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Hasil Belajar, Mind Map, Pembelajaran IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Shahudul Farid
Date Deposited: 29 Jul 2025 04:59
Last Modified: 29 Jul 2025 04:59
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18299

Actions (login required)

View Item
View Item