Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Inkuiri Terbimbing dalam Bentuk Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk Materi Asam Basa Kelas XI SMA/MA

Putri, Illona (2014) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Inkuiri Terbimbing dalam Bentuk Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk Materi Asam Basa Kelas XI SMA/MA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_ILLONA_PUTRI_18454_2023_2014.pdf] Text
final_B1_7_ILLONA_PUTRI_18454_2023_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Salah satu strategi pembelajaran kimia yang sesuai dengan karakteristik materi asam basa dan tuntutan kurikulum 2013 adalah strategi pembelajaran inkuiri terbimbing. Strategi pembelajaran inkuiri terbimbing ini dapat dikemas dalam bentuk bahan ajar yang mendorong siswa aktif dalam proses pembelajaran. Bahan ajar yang dimaksud adalah bahan ajar dalam bentuk Lembar Kerja Siswa (LKS) yang penyusunan materinya berdasarkan siklus belajar inkuiri terbimbing yaitu orientasi, eksplorasi, pembentukan konsep, aplikasi dan penutup. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah bahan ajar berbasis inkuiri terbimbing dalam bentuk LKS dan mengungkapkan kategori validitas dan praktikalitasnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D), yaitu menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Uji validitas dilakukan pada dosen kimia UNP dan guru kimia SMA Negeri di Padang. Uji Praktikalitas dilakukan pada siswa kelas XII IPA 3 SMA Negeri 7 Padang dan guru kimia SMA Negeri 7 Padang. Instrumen yang digunakan adalah angket dalam bentuk lembar validitas dan praktikalitas yang dianalisis menggunakan formula Kappa Cohen. Hasil analisis lembar validitas, praktikalitas guru dan praktikalitas siswa menunjukkan skor rata-rata berturut-turut adalah 0,87; 0,81 dan 0,81. Jika ketiga skor ini diinterpretasikan pada kategori momen kappa sangat tinggi, dengan nilai k = 0,81 – 1,00, maka kategori validitas dan praktikalitas bahan ajar ini “sangat tinggi”. Jadi dapat disimpulkan bahwa bahan ajar ini sangat valid dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Siswa (LKS), Inkuiri Terbimbing, Validitas, Praktikalitas, formula Kappa Cohen
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1
Depositing User: Riska Monita Yanti
Date Deposited: 29 Jul 2025 04:33
Last Modified: 29 Jul 2025 04:33
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18273

Actions (login required)

View Item
View Item