Febriana, Febriana (2012) Penggunaan Media Audio Visual pada Pembelajaran Seni Tari SMA Negeri 1 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_FEBRIANA_77261_3442_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_FEBRIANA_77261_3442_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_FEBRIANA_77261_3442_2012.pdf
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengambarkan atau mendeskripsikan penggunaan media audio visual pada pembelajaran seni tari di SMA Negeri 1 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Objek penelitian adalah siswa SMA Negeri 1 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman. Populasi Penelitian siswa kelas X dan sampelnya kelas X7 yang berjumlah 37 siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan berupa pedoman observasi dan wawancara serta dokumentasi. Data yang telah terkumpul diolah secara deskriptif.
Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dalam 3 x pertemuan. Sebelum proses pembelajaran dimulai, guru terlebih dahulu menyiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran. Pelaksanaan dirancang untuk menggunakan media audio visual yang dilaksanakan dalam 3 x pertemuan. Dari hasil pengamatan, terlihat bahwa penggunaan media audio visual dalam pembelajaran seni tari di SMA Negeri 1 Sungai Limau dapat meningkatkan minat belajar siswa. Hal ini berdampak baik pada nilai belajar siswa yakni naik 5,59 atau meningkat 7,11% dibandingkan dengan nilai siswa sebelum menggunakan media audio visual.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media audio visual dalam pembelajaran seni tari dapat (1) mewujudkan situasi pembelajaran yang efektif dan efisien dalam menyampaikan informasi karena siswa lebih mudah memahami materi dengan adanya tayangan terhadap objek yang sedang dipelajari, (2) meningkatkan rasa ingin tahu siswa sehingga menimbulkan semangat, gairah siswa untuk mengikuti pelajaran, (3) meningkatkan motivasi dan perhatian siswa sehingga siswa lebih semangat dan proaktif dalam mengikuti pelajaran, dan (4) mewujudkan pembelajaran yang bervariasi sehingga tidak monoton dan tidak membosankan. Dari hasil analisis data, dapat diketahui bahwa dengan menggunakan media audio visual dalam pembelajaran seni tari, maka proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar dan tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan maksimal.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media audio visual, pembelajaran seni tari, minat belajar siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1 |
Depositing User: | Muhammad Arga |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 04:33 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 04:33 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18271 |