Isra, Muhammad (2012) Peningkatan Keterampilan Membaca Intensif dengan Pendekatan Accelerated Learning di Kelas IV SD Negeri 01 Tanah Air Ulak Karang Selatan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_MUHAMMAD_ISRA_18046_5991_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_MUHAMMAD_ISRA_18046_5991_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_MUHAMMAD_ISRA_18046_5991_2014.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca intensif siswa kelas IV. Hal tersebut terjadi akibat guru kurang menerapkan tahap yang benar dalam proses membaca. Adapun pendekatan pembelajaran yang belum tepat menyebabkan guru kesulitan membimbing siswa dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca intensif dengan pendekatan Accelerated Learning di kelas IV SD Negeri 01 Tanah Air Ulak Karang Selatan Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan 26 siswa kelas IV. Penelitian dilaksanakan 2 siklus yang masing-masing terdiri dari 2 pertemuan. Data penelitian diperoleh dari tahap prabaca, saatbaca, dan pascabaca dengan sumber data yaitu guru dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II. Aktivitas guru siklus I memperoleh nilai 70,83% kualifikasi baik meningkat menjadi 91,66% kualifikasi sangat baik pada siklus II. Aktivitas siswa siklus I dari 68,75% kualifikasi cukup menjadi 89,58% kualifikasi sangat baik pada siklus II. Rata-rata perolehan nilai siswa tahap prabaca siklus I dari 62,50 menjadi 85,58 pada siklus II. Tahap saatbaca siklus I dari 66,35 menjadi 87,02 pada siklus II. Kemudian tahap pascabaca siklus I dari 71,25 menjadi 83,17 pada siklus II. Keterampilan membaca intensif siswa siklus I dengan nilai 66,70 kualifikasi cukup meningkat menjadi 85,26 kualifikasi sangat baik pada siklus II. Disimpulkan bahwa, membaca intensif dengan pendekatan Accelerated Learning berhasil meningkatkan keterampilan membaca intensif siswa kelas IV SDN 01 Tanah Air.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Membaca Intensif, Accelerated Learning, Pendekatan Pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Shahudul Farid |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 04:32 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 04:32 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18269 |