Putri, Vipin Cenya (2019) Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan di Kelas V SD Gugus IV Padang Utara Kota Padang. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_VIPIN_CENYA_PUTRI_15129047_3097_2019.pdf [thumbnail of final_B1_06_VIPIN_CENYA_PUTRI_15129047_3097_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_VIPIN_CENYA_PUTRI_15129047_3097_2019.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran penjumlahan dan pengurangan pecahan yang masih didominasi oleh guru dan kurang dikaitkan dengan masalah yang berhubungan dengan dunia nyata siswa. Tujuan penelitian adalah untuk membuktikan pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar penjumlahan dan pengurangan pecahan di Kelas V SD Gugus IV Padang Utara Kota Padang tahun ajaran 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah Quasi Ekspermental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus IV Padang Utara yang terdiri dari 11 sekolah. Dengan teknik Purposive Sampling diperoleh SDN 05 Air Tawar Barat dan SDN 09 Air Tawar Barat, dimana SDN 05 Air Tawar Barat sebagai kelas kontrol dan SDN 09 Air Tawar Barat sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian ini berupa tes tertulis berbentuk essay. Teknik analisis data yang digunakan adalah t-test.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata postest hasil belajar penjumlahan dan pengurangan pecahan dengan menggunakan model Problem Based Learning pada kelompok eksperimen 85,16 dan kelompok kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional 78, 36. Ini berarti rata-rata kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol. Dari hasil perhitungan t-test diperoleh thitung 2,075 sedangkan ttabel dengan taraf signifikan 0,05 dan dk = 62 adalah 1,998. Berarti thitung > ttabel sehingga H1 diterima. Dengan demikian, terdapat pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar penjumlahan dan pengurangan pecahan di Kelas V SD Gugus IV Padang Utara Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Tugas Akhir) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | problem based learning, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Fini Alya Putri |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 04:31 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 04:31 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18259 |